Renggak, Buah Unik Dari Lombok

Setiap daerah masing-masing memiliki ciri khas. Ciri khas dapat dilihat dari berbagai aspek, baik karakter mausia atau masyarakatnya, budaya, jenis makanan, jenis tanaman, dan lain sebagainya. Namun kali ini, penulis akan bertutur tentang salah satu ciri khas di yang dimiliki oleh Pulau Lombok, yaitu dari khas buah tanaman.


Ada banyak jenis tanaman yang tumbuh kembang di Pulau Lombok. Aneka ragam jenis tanaman tersebut dapat ditemui di daerah lain. Namun, terkadang ditemukan salah satu buah tanaman yang memang semenjak dulu telah menjadi penghuni di pulau ini. Bukan berarti jenis tanaman tersebut tidak ditemukan di daerah lain, namun jenis tanaman tersebut telah ada semenjak dulu, dan tidak diketahui awal kebearadaannya. Jelasnya terdapat beberapa jenis tanaman yang menjadi khas Pulau Lombok, salah satunya adalah tanaman buah  renggak.

Tanaman buah renggak banyak tumbuh di pinggir kali. Jenis tanaman ini sifatnya tumbuh liar dan berpencar di kawasan hutan atau di kebun talun. Jenis tanaman ini biasanya ditemukan pada jenis tanah yang lembab yang kaya akan humus.


Tanaman buah renggak sangat mudah untuk kembang-biakkan sehingga gampang untuk diperbanyak. Hanya cukup dengan mengambil ujung rimpang yang berakar, jenis taman ini dapat ditanam. Terkait dengan ini, salah satu wilayah di Pulau Lombok yang membudidayakan tanaman yang tergolong langka ini adalah di Narmada, Lombok Barat. Nusa Tenggara barat.

Jarang ditemukan warga masyarakat Lombok yang menanam tanaman buah renggak. Namun dapat ditemukan komunitasnya di tempat-tempat tertentu. Akan tetapi, apabila dikomsumsi, buah tersa enak sehingga kitapun dapat ketagihan untuk selalu mencicipinya.


Ukuran ketinggian tanaman buah renggak yaitu kurang lebih sama dengan pohon laos, berarti cukup tinggi. Selain itu, bentuk daunnya layaknya seperti daun kunyit. Letak buahnya pun sangat unik karena berada di luar batang dekat akar.

Aroma buah tanaman renggak terasa nyaman bila tercium oleh hidung. Asam dan manis itulah rasa buah renggak yang menjadi salah satu khas Pulau Lombok. Lebih uniknya lagi bahwa bentuk buah renggak tampak bergerombol, sehingga bila dipandang tersa kita ingin memetinya.

Buah renggak tergolong ke dalam jenis aromatis, sehingga bau harumnya pun mampu melegahkan pernafasan. Ternyata jenis tanaman ini merupakan kelompok atau anggota dari suku jahe-jahean. Tetapi rasa buah ini tidaklah seperti rasa jahe, melainkan memiliki rasa asam dan manis dan berbau sedap.

Buah renggak dapat dikomsumsi secara langsung. Namun buanya yang masih muda dapat dikomsumsi setelah direbus, dan lahap bersama sambal. Sedangkan biji dari buah ini mengandung banyak sari buah yang manis, namun rasanya agak masam. Demikian pula dengan ukuran buah renggak yaitu kecil-kecil, namun sangat mudah untuk dibelah.

Menurut kepercayaan masyarakat Lombok yang ada di Bukit Batu Hidung bahwa buah renggak yang tergolong buah tahunan ini dapat mengobati beberapa penyakit. Adi (25 th), salah seorang warga Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara, Lombok Barat mengatakan, “Di Cina,  buah renggak menjadi bahan obat-obatan,” ujarnya. Dalam hal ini, buah khas Lombok yang disebut buah renggak merupakan buah yang diperuntukkan juga bagi masyarakat Lombok, hanya tegantung dari pemaknaan dan pengolahan buah tersebut.

Dari berbagai media sosial, ternyata buah renggak yang menjadi salah satu buah khas Lombok juga terdapat di beberapa Negara, seperti di Nepal, Bangladesh, Yunan, dan Thailand. Berarti bagi warga Indonesia yang ingin mencoba atau menemukan buah renggak tidak perlu ke luar negeri, tapi cukup datang Ke Pulau Lombok.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru