Dewan Masyarakat Sehat Akan Dirikan Lombok Hospital


KM. Sukamulia - "Dewan Masyarakat Sehat (DMS) akan mendirikan Lombok Hospital berkonsep islami, baik dalam konsep tata ruang (gedung) maupun konsep pelayanannya", terang Mukti Ali, SH (Dewan Pembina Lembaga Dewan Masyarakar Sehat).

Lembaga Dewan Masyarakat Sehat adalah lembaga swasta yang bergerak dalam bidang kesehatan yang ikut terlibat bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan, baik promotif, prefentif, kuratif dan rehabilitatif.


Lembaga yang berdiri pada ahir tahun 2015 ini telah melakukan berberapa kegiatan, yakni: 1) pada bidang promotif, DMS telah membentuk program Komite Kesehatan Desa (KKD) dan Komite Kesehatan Sekolah (KKS), 2) pada bidang prefentif, DMS membantu dan bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bakti Sosial, seperti pelayanan kesehatan geratis bagi masyarakat yang akses pelayanan kesehatannya cukup jauh dan pelayanan kesehatan geratis untuk korban gempa di berbagai wilayah Lotim, 3) pada aspek kuratif, DMS akan mendirikan Lombok Hospital di Desa Apitaik Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dengan pengelolaan secara umum seperti Rumah Sakit lainnya.

"Lombok Hospital yang insyallah akan mulai didirikan setelah Idul Fitri tahun ini nantinya akan memberikan pelayanan kesehatan secara umum kepada masyarakat", pungkas Dewan Pembina DMS yang juga menjabat sebagai Kabid Hubungan Industrial dan Jamsos di Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lotim itu.


Beliu juga memaparkan bahwa, selain itu, Lombok Hospital juga akan menyelenggarakan pelayanan khusus, seperti: 1) adanya Poli Komplementer, yakni masyarakat akan diberikan pelayanan pengobatan herbal dan pengobatan tradisional, termasuk pelayanan untuk masas tradisional Lombok, serta menyiapkan sarana Home Care dan 2) menyelenggarakan program pelayanan secara pisik akan dilaksanakan oleh tenaga yang berkompetensi dalam bidang kesehatan serta tenaga herbalis lainnya dan pelayanan secara non pisik akan dilaksanakan oleh para ahli agama, seperti Tuan Guru dan Kiyai yang akan memberikan bimbingan psikologis dalam rangka menguatkan dan menyehatkan psikologis pasien.

Rencana sistem pelayanan yang akan dilaksanakan di Lombok Hospiral adalah multi layanan, antara lain: 1) sebagai tempat pelayanan kesehatan, 2) sebagai tempat pelayanan pendidikan, pengkajian dan penelitian bidang kesehatan dan 3) sebagai sarana pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat.

Konsep tata ruang gedung Lombok Hospital akan dibangun dengan konsep islami, dimana gedungnya direncanakan terdiri dari tiga lantai yang masing-masing lantai terdiri dari 33 ruangan. Lantai Pertama disebut Gedung Subhanallah, Lantai Kedua disebut Gedung Alhamdulillah dan Lantai Ketiga disebut Gedung Allahuakbar. 

Dari 3 lantai itu terdapat 99 ruang yang masing-masing ruang akan diberinama Asmaulhusna (Nama-Nama Kebesaran Allah). Misalnya, ruang satu diberi nama Ar-Rahman, ruang dua bernama Ar-Rahim dan selanjutnya.
_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru