Sehat Bersama Di Bulan Ramadan

Sumbawa Barat. Diskominfo - Untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal dan berkelanjutan pada masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat khususnya Jamaah salat tarawih selama bulan Ramadan, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) membuka klinik kesehatan pada malam hari selama bulan Ramadan di Masjid Agung Darussalam Kompleks Kemutar Telu Center, Kecamatan Taliwang-KSB.

 

Ketua BSMI KSB, dr Deddy Zulkarnaen mengungkapkan, perubahan dan penambahan jadwal yang semulanya hanya satu kali dalam seminggu menjadi setiap malam ini bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat khusus pada bulan Ramadan, menurutnya pada bulan ini masyarakat rentan pada masalah kesehatan khususnya bagi warga yang telah berusia lanjut.

 

“Bagi warga yang ada di sekitar Kecamatan Taliwang silakan memeriksakan kesehatannya di sini, kami membuka setiap malam secara gratis,” kata dr Deddy saat memberikan pelayanan kesehatan, Minggu (19/5/2019).

 

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan antara lain, pemeriksaan gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat, dan pemeriksaan gigi. Dalam setiap malam petugas yang memberikan pelayanan sekitar empat sampai lima petugas yang terdiri dari dokter spesialis, perawat dan analis kesehatan.

 

“Selain memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan, Klinik BSMI juga memberikan obat secara gratis serta pelayanan informasi mengenai Gizi,” Ungkap dr Deddy.

 

Deddy juga menyampaikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan agar tetap fit selama bulan Ramadan seperti, jangan lewatkan makan sahur, penuhi kebutuhan cairan (8-10 air putih setiap hari), makan secukupnya di waktu berbuka, kurangi makanan berminyak, jangan berlebihan mengkonsumsi yang manis, lakukan olahraga ringan, istrahat dan tidur secukupnya.

 

Pelayanan yang diberikan oleh BSMI tersebut membuat warga merasa terbantu, beberapa warga mengapresiasi apa yang dilakukan BSMi. Salah seorang jamaah salat tarawih asal Kabupaten Sumbawa, M. Yamin (60) yang kebetulan mampir salat di Masjid Agung Darussalam mengungkapkan kekagumannya terhadap para petugas BSMI yang memberikan pelayanan gratis pada para jamaah.

 

“Baru kali ini saya menemui adanya pelayanan kesehatan di masjid seperti ini. Biasanya pelayanan kesehatan ada di tempat kesehatan,” kata M. Yamin.

 

Sementara itu, ditemui di ruang kerjanya Wakil Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) KSB, Mancawari, mengapresiasi adanya pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan oleh BSMI, menurutnya hal ini sangat positif dan akan memberikan rasa nyaman kepada para jamaah salat. Tetapi sejauh ini BSMI belum menjalin kerjasama dengan BAZNAS.

 

“BAZNAS sampai saat ini belum pernah bekerjasama dengan BSMI karena dalam urusan kesehatan kami telah bekerjasama dengan dinas kesehatan,” katanya.

 

Walaupun belum bekerjasama dengan BAZNAS, lanjut Mancawari, BSMI sejauh ini secara tidak langsung telah membantu BAZNAS dan Dinas Kesehatan dalam melayani warga dalam bidang kesehatan. (feryal/tifa).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru