RSUD NTB Tangani Pasian Aneurisma Aorta Adominalis Perdana

RSUD Prov NTB untuk pertama kalinya mampu melakukan penanganan pasien dengan aneurisma aorta abdominalis (pelebaran pembuluh darah aorta) dengan teknik endovakular ( endovaskular aortic aneurysm repair/EVAR), Sabtu (18/05).

Penanganan pasien dengan tekhnik EVAR ini dilakukan oleh spesialis bedah Vaskuler yang dimiliki RSUDP NTB "dr. I Made Arya Winatha, Sp. B ( K) V " dan Tim Cathlab dibantu proctor EVAR dari Jakarta dr Suhartono SpB(K)V dan tim dengan menggunakan fasilitas cathlab yang ada.


Dengan keberhasilan penanganan kasus ini diharapkan dapat menurunkan tingkat kesakitan dan kematian akibat aneurisma aorta abdominalis disamping sangat membantu masyarakat karena tidak perlu dirujuk lagi keluar daerah.

Direktur RSUD Provinsi NTB "dr. H.Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS" berkesempatan memberikan motivasi dan dukungan sesaat setelah dilakukan tindakan sebagai bentuk apresiasi terhadap Tim Medis RSUDP NTB yang telah mampu melakukan teknik endovaskular EVAR.

Aneurisma aorta perut adalah penonjolan pembuluh darah utama yang membawa darah dari jantung ke organ dan jaringan di bagian bawah tubuh, yang disebut dengan aorta.

Pembuluh ini merupakan arteri terbesar dalam tubuh. Peregangan atau menggembungnya aorta dapat berbahaya karena dapat merusak daerah pada dinding aorta sehingga aorta pecah dan menyebabkan perdarahan jika tidak segera diobati.

Selamat kepada seluruh dokter dan jajaran RSUD NTB. Terima kasih telah memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kita. (Sumber Humas RSUP NTB-Edy Tim Media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru