Cegah Sakit Dengan Imunisasi

"Ibarat sebuah kandang sapi, jika ada celah satu meter saja, kira-kira binatang lain bisa masuk tidak?" tanya H. Tuwuh kepada peserta pelatihan Ketajaman mata.

"Ada," jawab audien kompak.
"Begitu juga dengan penyakit. Jika ada orang mengatakan bahwa anaknya sehat-sehat saja tanpa imunisasi itu karena mereka hidup diantara orang-orang sehat yang sudah diimunisasi. Jangan sampai orang yang sudah sehat menjadi sakit hanya karena ada yang tidak diimunisasi," sambung H. Tuwuh.

"Kita tidak bisa naik haji jika tidak mau imunisasi meningitis. Di daerah bisa lolos tapi di bandara, para petugas hanya memberi dua pilihan. Diimunisasi atau pulang. Karena di Arab Saudi tidak mau warganya terkena penyakit yang datang dari belahan penjuru dunia. Dan itu sudah menjadi perjanjian antar negara. Oleh sebab itu, jangan anggap sepele imunisasi," pungkas H. Tuwuh saat membuka acara pelatihan Ketajaman penglihatan bagi guru penjaskes SD dan SMP sederajat yang diselenggarakan Puskesmas Taliwang yang bekerjasama dengan The Fred Hollows Foundation (FHF) Australia di Kedai Sawah Lingkungan KTC selasa (15/1) kemarin.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru