PKM Taliwang Gelar Cek Kesehatan Gratis

Diskominfo - UPTD Puskesmas Taliwang melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis di Taman Tiangnam, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat - Nusa Tenggara Barat, Kamis (31/5). Kegiatan ini dalam rangka menyambut hari hipertensi sedunia yang jatuh pada tanggal 17 Mei yang lalu, dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai dari tanggal 29-31 Mei 2018. "Kegiatan ini kami buka dari pukul 16.00 wita sampai 17.30 wita, selain untuk melayani pemeriksaan kesehatan, juga bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, sehingga merubah pola pikir masyarakat untuk berani memeriksakan kesehatan mereka secara berkala, ini juga dalam rangka penyuluhan terhadap masyarakata tentang hipertensi serta penyakit lain yang kami periksakan disini."Tutur Staf Bagian Promosi Kesehatan Puskemas Taliwang, Firna Pinusyah, S.ST.

 

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal, yang dapat menyebabkan peningkatan angka kematian. Tekanana darah yang normal umumnya berada pada 120/70 mmHg, namun masih dikatakan normal jika naik sampai 140/90 mmHg.

 

Firna juga menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan sangat penting bagi warga. sehingga warga bisa memahami beberapa penyakit. Menurutnya masalah penyakit yang diderita tidak cukup diobati, tapi harus ada kesadaran untuk menjaga kesehatan. “Sadar sehat lebih penting daripada pengobatannya itu sendiri, karena mungkin sakit tidak akan datang kalau kita pandai-pandai menjaga kesehatan,” ungkapnya.

 

Kegiatan ini juga, lanjut Firna, sangat membantu masyarakat dalam mengetahui penyakit yang ada didalam tubuh mereka, sehingga jika hasil pemeriksaan positif maka akan dirujuk ke PKM untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Ada beberapa pemeriksaan dasar yang dilakukan yakni pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah serta mengukur tekanan darah. Sejauh ini jumlah warga yang memeriksakan kesehatnnya telah mencapai 80 orang, warga yang datang memeriksakan kesehatannya kebanyakan warga di sekitar kota Taliwang.

 

Rasa takut warga untuk memeriksakan kesehatannya harus dirubah, sehingga dengan memeriksa kesehatan secara berkala penyakit yang ada akan terdekteksi sedini mungkin. Petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan ini berjumlah tujuh orang diantaranya perawat dan bidan, pihak PKM juga menyediakan Ambulan untuk merujuk pasien ke Puskesmas. Kominfo Sumbawa Barat/Feryal.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru