Keong, Antara Merugikan dan Menyehatkan

KM-RENSING BAT_Keong atau dalam bahasa sasak di sebut “Sesok” yang selama ini dianggap sepele oleh sebagian besar masyarakat, malah memiliki manfaat dan kandungan gizi yang sangat tinggi. Di sawah banyak merugikan petani dengan memakan batang padi petani yang masih muda namun kalau di bawa ke dapur dan diracik menjadi lauk malah menjadi makanan yang berkhasiat dan menyehatkan.Kandungan gizi keong sawah sangat baik bagi tubuh manusia terutama bagi anak-anak di usia pertumbuhan. Kandungan gizi dalam 100 gram daging keong diantaranya adalah: Kalsium 217 mg, protein 12%, air 81 gram, kalori 90 kalori, kolesterol 50 mg, lemak 1 gram, sodium 70 mg, karbohidrat 2 gram, vitamin A 2% dan niacin.

Setelah kita mengetahui kandungan gizi yang sangat tinggi dalam keong sawah, manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumi daging keong sawah ?, nah ini dia manfaat yang kita dapat dari daging keong sawah.

  1. Keong Sawah Untuk Menjaga Kesehatan Jantung Dan Mencegah Serangan Osteoporosis.

Daging keong sawah dapat membantu memelihara kesehatan jantung kita. Kandungan kalsium dalam daging keong sawah sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Kalsium ini akan menjaga kerja jantung agar bisa bekerja dengan normal. Sehingga detak jantung teratur dan darah bisa mengalir dengan lancar.

2. Keong sawah Untuk Membantu Pertumbuhan Janin Dan Memelihara Sel Tubuh.

Mengkonsumsi daging keong sawah saat ibu hamil, merupakan salah satu cara untuk memenuhi asupan protein. Karena kandungan protein dalam daging keong sangat di butuhkan oleh sang ibu dan janin. Protein sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Protein berperan dalam pembentukan oragan-oragan penting dalam tubuh janin, seperti paru-paru, jantung, tulang, otot dan otak. Saat ibu hamil, asupan protein yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu 75 gram per hari. Dengan asupan protein yang cukup pada masa kehamilan, akan membantu ibu untuk memiliki bayi yang sehat dan normal.

3. Keong Sawah Untuk Menjaga Kesehatan Mata.

Ternyata vitamin A tidak hanya bersumber dari buah dan sayur saja. Namun kita juga bisa mendapatkan asupan vitamin A dari daging keong yang memiliki rasa sangat gurih. Kita dapat melihat karena ada pantulan cahaya dari benda-benda di sekitar. Vitamin A membantu kerja retina mata yang berfungsi menyalurkan objek yang diterima menuju ke otak sebagai sebuah gambar. a_m []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru