Rensing Bat, Desa Terbaik 1 Menuju 5 Pilar Se-lotim

KM-RENSING BAT_Apreseasi Inspirasi Desa terbaik menuju 5 Pilar yang di gelar Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur pada hari Sabtu Tanggal 9/12/2017 di gelar di Gedung Wanita Selong Lombok Timur. Acara tersebut merupakan Program Sehati Kabupaten Lombok Timur tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar yang di terapkan di Masyarakat terutama Masyarakat pedesaan.

Dalam acara tersebut, Kader STBM Desa Rensing Bat Yaitu, M. Sirojuddin Mashur,S.Pd.I, Sri Nurbayani Masyuroh,S.Pd, dan Ramikawati hadir bersama 4 Desa yang di berikan Apreseasi dan penghargaan. Desa Rensing Bat sebagai Desa terbaik 1 di Kabupaten Lombok Timur menyingkirkan 3 Desa pesaingnya dan berhak mewakili Kabupaten Lotim di tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menurut rencana di gelar tahun depan.

Gerakan Kebersihan (Gerbek Desa) yang di lakukan Bulan Oktober lalu di lingkungan sekitar Desa di 3 Dusun sungguh melelahkan dengan persiapan minim akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan. 6 Desa peserta di Kabupaten Lombok Timur yang mengikuti Program tersebut dan Rensing Bat masuk Katagori terbaik satu.ini prestasi membanggakan yang patut kita syukuri dan terus melaksanakan program-program kesehatan yang di canangkan pemerintah pusat maupun Daerah.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat menekankan pada 5 perubahan perilaku hygienis, yang biasa dikenal sebagai 5 pilar STBM.

Kelima pilar tersebut adalah:

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS);
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS);
  3. Pengelolaan Air Minum-Makanan Rumah Tangga (PAMM RT);
  4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (PS RT);
  5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC RT

Jika ini terus dilaksanakan maka tidak akan ada lagi keluhan apapun di masyarakat dan akan tetap sehat baik itu sehat secara Jasmani maupun Rohani. a_m

Advertisement

Artikel Terkait