Semua Orang Wajib Tahu Tentang Depresi

Depressive disorder atau depresi adalah sebuah kesedihan yang berbeda dari kesedihan-kesedihan akibat kekecewaan dan penderitaan biasa lainnya. Semua orang tentu saja bisa merasa sedih. Ketika seorang kekasih mengecewakanmu misalnya. Tapi depressive disorder adalah sebuah kondisi gangguan mental yang terjadi lebih lama dari kesedihan normal lainnya dan dapat menyebabkan dampak buruk bagi penderitanya.

Sering kali penderita depresi tidak sadar apa yang telah menimpa dirinya, sehingga seringkali mereka melakukan tindakan-tindakan yang justeru memperburuk keadaannya. Oleh karena itu, ada baiknya kita memahami apa itu depressive disorder, ciri-ciri, serta bagaimana cara menanggulanginya. Sehingga kita bisa menolong diri sendiri atau orang disekeliling kita yang tidak menyadari apa yang tengah mereka alami.

Berikut ciri-cirinya:

Gejala-gejala ini terjadi selama lebih dari dua minggu, bisa berbulan-bulan sampai tahunan.

  1. Perasaan hancur, sedih yang terus-menerus, dan putus asa
  2. Kehilangan minat melakukan hobby atau pekerjaan yang biasa dilakukan
  3. Kehilangan nafsu makan atau nafsu makan yang terlalu melunjak
  4. Insomnia atau terlalu sering tidur
  5. Merasa cemas, gelisah, dan kehilangan motivasi
  6. Kelelahan atau merasa kehilangan banyak energy padahal tidak melakukan banyak aktifitas.
  7. Merasa tidak berharga dan tidak percaya pada diri sendiri
  8. Gangguan konsentrasi, tidak fokus, sering lupa, dan tidak bisa mengambil keputusan yang jernih
  9. Keinginan untuk bunuh diri

Jika anda mengalami minimal lima dari sembilan gejala ini dan terjadi selama lebih dari dua minggu, itu berarti anda kemungkinan terkena depressive disorder.

Adapun penyebabnya adalah:

  1. Genetik atau turunan
  2. Ketidak seimbangan zat kimia di dalam otak
  3. Biasanya dipicu oleh kejadian traumatis seperti kehilangan orang yang sangat berharga di dalam hidupnya

Hal yang paling penting untuk diketahui bersama adalah, hanya karena seseorang menderita depressive disorder bukan berarti orang tersebut lemah dan mudah menyerah atau tidak bisa menyelesaikan masalah. Itu semua terjadi karena sebuah penyakit tengah menyerang mereka. Tak ada bedanya bedanya seperti penyakit yang menyerang fisik lainnya. Seperti orang yang sakit gigi, sakit persendian, atau kanker.

Untuk menanggulangi seseorang yang terkena penyakit ini, hal-hal berikut ini akan sangat membantu:

1. Seorang teman yang mau mendampingi anda dan mempercayai apa yang anda rasakan dan membantu anda menjalani hidup sebagaimana biasanya. Karena orang awam, akan cenderung menganggap seorang yang depresi sebagai orang yang lebay dan lemah.

2. Konsultasi dengan psikolog atau psikiater supaya anda dapat mendengarkan pendapat seseorang secara profesional dan mendapatkan treatment yang tepat.

3. Self-treatment. Anda bisa melakukan terapi terhadap diri anda sendiri. Kuncinya anda harus yakin pada diri anda sendiri. Anda seharusnya adalah orang yang paling tahu tentang diri anda sendiri. Tetapi jika tidak tahan, anda membutuhkan orang lain untuk menemani anda melewati masa-masa gelap tersebut.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru