Peran Perawat Dalam Keselamatan Pasien


Sumbawa Besar, Bertempat di Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa dilaksanakan Seminar Kebidanan Inernational Patient Safety Golls ( Peran perawat dan bidan dalam keselamatan pasien sesuai standar akreditasi yang diselenggarakan oleh Alumni STIKES YARSI Mataram, Sabtu 09/09/2017.


Seminar Kebidanan Inernational Patient Safety Golls ( Peran perawat dan bidang dalam keselamatan pasien sesuai standar akreditasi yang diikuti oles 250 peserta yang terdiri dari bidan,perawat,siswa ,Mahasiswa dibidang kesehatan yang berlangsung sehari. Pemerintah mewacanakan bahwa seluruh fasilitas kesehatan harus terakreditasi terutama Rumah Sakit dan Puskesmas, suka tidak suka dan mau tidak mau akreditasi harus diikuti atau dikerjakan.

Nara Sumber dan materi adalah 1. Hermansyah, NS,MMRKetua DPD PPNI Sumbawa dengan materi Paradigma Akreditasi dan Keselamatan Pasien Dalam Tatanan Pelayanan Kesehatan, 2. Hj.Ummi Kalsum,SSt,M.Kes (Ketua IBI Sumbawa) dengan Materi Peran Perawat dan Bidan dalam Peningkatan Pasien dan 3. Irwan Hadi,NS,M.Kep (Dosen STIKES YARSI Mataram) dengan materi Implementasi International Patient Safety Goals (Sasaran Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Akreditasi merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh lembaga independen setelah ditetapkan oleh Menteri bahwa Puskesmas tersebut telah memenuhi standar pelayanan ditingkat pertama yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Salah satu cara akreditasi ini dapat terselenggaradengan cepat yang pertama adalah komitmen dari pemberipelayanan bahwa mereka mau melaksanakan akreditasi,berikut membenahi hal lain seperti pemenuhan sarana prasarana, Sumber Daya Manusia (SDM),dokumen dan lain lain. 

Tujuan akreditasi antara lain adalah memberikan keunggulan kompetitif,memperkuat kepercayaan masyarakatterhadap fasilitas pelayanan kesehatan dan member pelayanan terbaik,pelayanan bermutu kepada masyarakat,perawat dan bidan adalah sebagai tenaga professional mempunyai tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien dengan tidak mengurangi peran tenaga kesehatan lainnya.


Dalam materi yang disampaikan oleh Hj.Ummi Kalsum, S.SIT,M.Kes (Ketua IBI Cabang Sumbawa) bahwa kualitas pelayanan merupakan isu utama mengapa puskesmas perlu diakreditasi , hal ini disebabkan karena pelaksana kegiatan belum direncanakan dengan baik , belum dimonitor dengan baik,tidak dikendalikan dengan baik,tidak dianalisa dengan baik,begitu juga dengan analisa evaluasi yang belum maksimal.

Ada beberapa mutu pelayanan di Puskesmas antara lain : 1. Menjaga mutu prospektif yaitu menjaga mutu yang dilaksanakan sebelum pelayanan diberikan dan lebih ditujukan ada unsure masukan atau input lingkungan yang penting menjaga mutu propektif adalah standarisasi,lisensi,sertifikasi dan akkreditasi, 2. Jaga mutu Konkuren menjaga mutu yang dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan unsure proses adalah menilai tindakan medis dan non medis yang dilaksanakan.3.menjaga mutu retrospektif menjaga mutu setelah selesai pelayanan kesehatan dilaksanakan .__(joko)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru