Jambore Kader Kesehatan Dibanjiri Ribuan Peserta


Setiap tahun, Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Barat (Dikes Lobar) menggelar jambore kader kesehatan. Tahun ini, tercatat 3.500 orang kader kesehatan dari 17 Puskesmas se-Lobar mengikuti jambore ini. Selain kader, Pramuka Saka Bhakti Husada (PSBH) binaan masibg-masing Puskesmas, turut memeriahkan kegiatan yang berlangsung di Lapangan Suranadi, Desa Suranadi kecamatan Narmada 12-13 Agustus 2017.

Jambore kader kesehatan juga dirangkai dengan pencanagnan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lobar. Diharapkan  program Germas menjadi langkah yang sangat strategis untuk menjadi lebih sehat di masa mendatang. Hal terserbut dikemukakan oleh Kepala Dikes Lobar, H.Rachman Sahnan Putra sesaat sebelum pembukaan jambore kader kesehatan, sabtu (12/8). “Kita di Lombok Barat sudah bertekad supaya masyarakat menjadi yang terdepan dalam menjaga kehidupan dan kesehatannya,” katanya.


Senada dengan itu, Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid menyatakan, pencanangan gerakan tidak akan mungkin berhasil tanpa dukungan dan sambutan masyarakat untuk bergerak, mensukseskan gerakan tersebut.

Selain itu, Kepala Dikes Provinsi NTB,dr. Nurhandini Eka Dwi yang berkesempatan hadir mengatakan, selain diLobar, pencanangan Germas juga dilakukan di seluruh kabupaten/kota se NTB. Kata dia, dengan sdemakin meluasnya jargon Germas ini, diharapkan semua kader akan membawa gerakan ini kepada keluarga dan masyarakat di Posyandunya masing-masing, sehingga gerakan ini akan lebih cepat beredar di tengah-tengah masyarakat. Demikian juga dengan PSBH, bisa membawa gerakan ini ke sekolah masimng-masing serta keluarga, sehingga pilar-pilar Germas bisa dilaksanakan.


Secara simbolik, Bupati Fauzan Khalid didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Hj.Hermalena, Ketua TP PKK Lobar, Hj.Khairatun, Kepala Dikes Lobar dan Kepala Dikes Provinsi NTB, melepas balon, dilanjutkan dengan makan buah bersama sebagai bentuk dimulainya kegiatan dan pencanangan germas tahun 2017.


Bukan hanya itu, kegiatan lainya adalah, tepat pada pukul 24.00 malam, seluruh peserta jambore menggelar renungan di depan api unggun sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syukur serta lagu-lagu bertemakan semangan nasionalisme yang tinggi. Malam renungan semakin syahdu, ketika seorang panitia membacakan puisi yang demikian menyentuh dengan sentuhan back round musik yang syahdu pula.

Disela-sela lagu Syukur berkumandang, Kepala Dikes Lobar, H.Rachman Sahnan Putra, menyelipkan kata-kata prolog betema kesehatan. “Penyakit tidak menular sudah mulai merebak. mari bersama-sama satukan hati, rapatkan barisan agar masyarakat Lobar makin sehat. Ajaklah semua keluarga, tetangga, sahabat dan masyarakat untuk menggalakkan pola hidup sehat,” kata Rachman di tengah-tengah ribuan peserta. () 

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru