Pakombo Tetap Eksis Walaupun Tergerus Zaman

Usaha sederhana minuman sehat tradisional atau jamu Bima Pakombo yang dikembangkan Siti Mariam (60) atau biasa dikenal dengan nama Dae Rao menjadi sumber pendapatan keluarga sekaligus inspirasi untuk hidup produktif dalam pengembangan usaha tradisional miliknya.

“Saya melakoni jualan Pakombo selama 15 tahun, usaha ini bisa berjalan lancar karena orang-orang masih mau peduli kesehatan mereka dengan jamu tradisional ini membantu masyarakat agar sehat," ujar Ibu Maryam.

Ketika ditemui KM Rasanae Barat, Kamis (02/11/2016) kemarin, Ibu Mariam itu tampil sederhana dengan gerobak jualannya. Dia menjelaskan bagaimana proses Pakombo diolah mulai dari jahe merah, temu putih, temu lawak, kunyit asam, hingga minuman beras ketan dan minuman sehat tradisional lainnya. Semua jamu tradisional itu dikemas dalam botol dan dibandrol dengan harga Rp. 10.000/ perbotol.

Beraneka ragam jamu tradisional Bima dijual Ibu Mariam selain Pakombo, seperti Lo`i Papiri, Kampuja, Lo`i Fareketa. Banyak khasiat yang bisa didapatkan dari jamu tradisonal Bima tersebut  yang juga diolah secara tradisional jauh dari bahan-bahan yang berbahaya, semua jamu itu diolah di kediamannya Manggemaci, Kota Bima.

Niat Ibu Mariam membangun usaha rumahan ini sungguh mulia. Disamping untuk mencari nafkah untuk keluarga, lewat bisnis jamu tradisonal itu, dia juga berniat membantu  orang-orang untuk hidup sehat  memanfaatkan jamu tradisional dengan harga yang relatif terjangkau. Juga menggalakkan herbal tradisonal Bima.

Meskipun dikembangkan secara sederhana, Ibu Mariam bersyukur dengan semangat berbagi kepada sesama, usaha itu dapat bertahan hingga kini. Dia belajar meracik ramuan tersebut yang didapatnya dari ibunya dahulu.

Ibu Mariam berpendapat , jika kita mempunyai obat tradisional yang cukup manjur, mengapa kita harus meninggalkan kebiasaan hidup sehat dengan mengkonsumsi jamu tradisional? pekerjaan sebagai tukang jamu tradisonal keliling ini sungguh sangat membantu kita menjaga kesehatan dan mendukung gaya hidup sehat. Ujarnya sambil menunjukkan Pakombo miliknya. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru