Pemeriksaan Kesehatan Pegawai Kantor Camat Batulayar

Tingkat kesehatan masyarakat terus mendapatkan perhatian oleh pemerintah. Seperti yang terlihat pada gambar ini adalah salah seorang pegawai di Kantor Kecamatan Batulayar yang sedang mengecek kondisi kesehatan. Petugas Kesehatan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Desa meninting diterjunkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kesehatan di masing-masing wilayah. Di Kecamatan Batulayar untuk pemeriksaan ini rutin dilaksanakan. Di Wilayah Batulayar terdapat sepuluh posko yang dijadikan sebagai tempat untuk mengetahui kesehatan masyarakat. Masing-masing desa di pusatkan di salah satu posko. Misalnya, di Dusun Mangsit itu untuk wilayah Desa Senggigi, demikian keterangan Johariah selaku petugas dari Puskesmas Meninting.

Untuk melengkapi pemeriksaan petugas tak lupa membawa alat penunjang dan pendukung yang dijadikan sebagai tolak ukur kesehatan. Alat pengukur tekanan darah misalnya. Di samping itu beberapa hal yang dijadikan focus yang pemeriksaan seperti yang terpantau di kantor kecamatan yaitu mengetahui kadar lemak pada perut, gejala penyakit, obesitas dan lainnya.

Johariah selaku petugas kesehatan mencontohkan jika lingkar perut ukuran normal untuk laki-laki adalah > dari 90 sentimeter sedangkan untuk perempuan mencapai > 80 sentimeter. Untuk menjaga tingkat kesehatan setiap hari, petugas menyarankan tidak merokok, mengurangi makanan asin, makanan tinggi lemak, minuman beralkohol, melakukan olah raga, meminum obat sesuai dengan anjuran dokter dan sebagainya.

Khusus untuk pegawai kantor Kecamatan Batulayar, saat ditanya Johariah mengatakan pemeriksaan berlaku untuk semua karyawan. Mengenai jangka waktu yang ditentukan, lanjut petugas Puskesmas Meninting ini menimpali, sampai tuntas, pada dasarnya siapapun boleh melakukan check. Saat ini baru 70% karyawan dan karyawati kantor Camat Batulayar telah melakukan pemeriksaan demikian jawaban petugas puskesmas ini yang didampingi oleh dua orang tenaga pembantu medis lainnya.

Program yang didasari oleh istilah CERDIK ini bertujuan untuk meminimalisir penyakit tidak menular atau yang disingkat dengan PTM. Adapun istilah CERDIK sebagaimana yang dimaksud di atas C: Cek kesehatan secara berkala, E: Enyahkan asap rokok, R: Rajin olah raga, D: Diet sehat dengan seimbang, I: Istirahat cukup, dan K: Kelola stress. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru