Khasiat Melon

Banyak manfaat yang terkandung dalam buah, tidak saja rasanya yang manis dan menyegarkan, aromanya yang menggoda, namun juga manfaat lain untuk penyembuhan segala macam penyakit tak bisa diremehkan. Khususnya untuk melancarkan peredaran darah.

Buah melon jika dimanfaatkan maksimal bisa menjadi makanan atau minuman pavorit berkhasiat tinggi, apalagi dibuagt menjadi jus sangatlah terasa nikmatnya. Melon merupakan jenis buah-buahan yang gampang ditemukan di sejumlah tempat, baik di galeri buah-buahan maupun sengaja dibudidayakan petani karena bernilai ekonomis tinggi. Rasanyanya segar dan tak terlalu manis. Beragam warnanya ada yang kuning dan kebanyakan yang berwarna putih. Harganyapun sangat terjangkau.

Yang terpenting dari semua itu dari buah melon, daging buahnya hamper 95 persen mengandung vitamin dan mineral sehinga manfaatnya bagi tubuh dalam menjaga kesenhatan sangatlah banyak. Dari sisi kandungan air Prof. Dr. Venhy Hadju menjelaskan, kandungan air buah melon mampu menyguhkan rasa dingin dan evfek yang menyejukkan. Dapat meredakan rasa panas dalam perut  dan membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolism.

Sejumlah vitamin dan mineral dalam melon diantaranya, protein, kalsium, posfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. kandungan mineral dan vitamin ini mampu menghilangkan keaxsaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat menggangu pencernaan, khususnya pada organ lambung.

Kecuali itu buah melon mampu menyembuhkan sembelit. Kandungan anti koagulan yang disebut adenosine yang mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapagt memicu timbjulnya penhyakit stroke atau jantung. Sedangkan kandungan kafrotenoid yang tinggi pada melon dapat mencegah kanker dan menurnkan resiko serangan kanker paru-paru.

Buah melon juga memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon maka melon dapat menumpas asam urat. (wardi) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru