10 Persen DD Dialokasikan Untuk Kesehatan

LOMBOK UTARA, KM Primadona - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara, dr. Beny Nugroho, S minta kepada semua kepala desa se KLU untuk berkimtmen mengalokasikan 10 persen dari Dana Desa (DD) untuk kegiatan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan kepada semua kepala desa pada acara Advokasi Kebijakan Publik Berwawasan Kesehatan, di aula kantor Dikes beberapa waktu lalu. Menurutnya, sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa, bahwa desa memiliki kewenangan penuh untuk mengurus dan mengatur kepentingan masyarakat.

"Dan sebagai tanda desa itu sejahtera bila masyarakatnya sehat. Jadi untuk memontivasi dan memperkuat komitmen Pemerintah Desa mengalokasikan DD untuk kegiatan Kesehatan agar terwujud masyarakat Desa yang sehat", jelas Benny.

Selain itu, Benny juga minta kepada kepala desa untuk membuat surat pernyataan komitmen, untuk mengalokasikan 10% Dana Desa yang bersumber dari APBN, yang diperuntukkan untuk kegiatan meningkatkan kesehatan masyarakat di desa, yang selanjutnya komitmen itu akan ditindak lanjuti dalam penyusunan APBDes setiap tahun.

Ini dilakukan sesuai dengan visi Lombok Utara yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lombok Utara menuju sehat dan bugar tahun 2020. Sedangkan misinya adalah berkualitas setiap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, usia harapan hidup meningkat, terlaksananya gerakan sayang ibu dan anak di semua kecamatan dan rasa peduli terhadap kesehatan meningkat.

Kepala Dikes minta agar Pemerintah Lombok Utara melalui dinas tekait yaitu BPM PPKB Pemdes KLU, BAPPEDA KLU, DPRD KLU, Inspektorat, Dinas Pendpatan dan Aset Daerah, Semua Camat se KLU agar ikut mendukung komitmen Semua Kepala Desa ini sehingga terbitnya Peraturan Bupati Lombok Utara tentang Pengalokasian 10% DD untuk Kesehatan masyarakat. (primadona) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru