Momentum HKN Refleksi Bagi Kesejahteraan Masyarakat

(KM.Sarangge) Upacara  peringatan Hari Pahlawan juga dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional Ke – 51 tingkat Kabupaten Bima, yang berlangsung di halaman kantor Bupati BIma pada hari selasa ( 10/11) dimana penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin M.Pd yang membacakan amanat Menteri kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek,  ( K) bahwa dengan Peringatan HKN Ke-51 tingkat Kabupaten Bima pada Tahun 2015 ini menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta merenungkan kembali upaya-upaya terbaik yang dapat dilakukan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagaimana tujuan pembangunan kesehatan kita harapkan.
“Generasi cinta sehat siap Membangun Negeri”  harus dimaknai secara lebih luas, yaitu pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggungjawab menjaga diri sendiri keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.
Tinggal landas MDGs tahun ini, menjadi tonggak penting bagi kita semua untuk menyambut era pembangunan secara berkelanjutan. Kita perlu memperbaiki cara kerja, untuk dapat mencapai hasil pembangunan kesehatan yang lebih baik. Untuk maksud tersebut, pada peringatan HKN ke-51 diperingati dengan meletakkan dasar-dasar yang kokoh untuk upaya promotif dan preventif secara bersama sama sekaligus menerapkan nilai revolusi mental yaitu bekerja dengan integritas, etos kerja yang tinggi dan semangat gotong royong.
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus kita masyarakatkan agar benar-benar menjadi budaya sehat bangsa Indonesia. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat hendaknya ditanamkan sejak usia dini agar tumbuh mengakar menjadi budaya bangsa Indonesia. Akselerasi pembangunan kesehatan yang optimal dicapai dengan kerjasama berbagai elemen masyarakat baik pemerintah, maupun pemerintah daerah serta masyarakat itu sendiri dan dunia usaha.
Dengan diperingatI Hari Kesehatan Nasional ke – 51  tingkat Kabupaten Bima  penjabat Bupati Bima Drs. Bachrudin berharap dapat menjadikan wahana mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program kesehatan, serta pembangunan berkelanjutan bidang kesehatan agar mendapatkan dukungan politis serta dukungan sumber daya dari seluruh jajaran pemerintah di pusat dan daerah guna mensukseskan pembangunan kesehatan. "(wahyu)  -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru