Air Mulai Berkurang, Masyarakat Berhemat

KM-RENSING BAT_Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia ini karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Per empat bumi adalah air, sama seperti manusia yang 55% - 78% tubuhnya terdiri dari air.

Saking pentingnya air bagi kehidupan manusia hanya bisa bertahan paling lama lima hari tanpa air.

Saat ini di berbagai daerah indonesia mengalami kekeringan, kuantitas air sudah mengalami penurunan terlihat dari mata air atau sumber mata air ada yang sudah mulai kering dan ini berdampak pada semua mahluk termasuk manusia. Banyak orang mengatakan bahwa lebih baik beras tidak ada dari pada air saking perlunya air untuk kebutuhan pribadi, keluarga ataupun keperluan yang lainnya.

Pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Lombok Timur sedang gencar menyerahkan bantuan air bersih tak hanya itu lembaga-lembaga sosial yang peduli juga aktif menyalurkan air bersih menggunakan mobil tangki air kepada masyarakat di desa-desa yang mengalami kekeringan.

Salah satu desa yang menerima air bersih bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kab. Lombok Timur adalah desa rensing Bat Kec. sakra barat, meskipun desa ini tidak tergolong desa rawan kekeringan namun Pemerintah desa telah mengajukan surat ke pemerintah untuk diberikan air bersih guna membantu masyarakat untuk mengatasi kekurangan air.
Kepala Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Muhammad Hilmi,SE menjelaskan bahwa sampai saat ini sudah ada 2 mobil tangki air bersih yang disalurkan kepada masyarakat baik yang ada di dusun lepok, dusun timuk rurung dan dusun rensing bat
air bersih bantuan pemerintah ini sebagian besar digunakan untuk keperluan komsumsi rumah tangga sedangkan untuk keperluan mandi masih memanfaatkan air sumur yang terbatas. Ia pun mengimbau kepada masyarakat desa rensing bat untuk mempergunakan air yang ada seperlunya saja sehingga kebutuhan sehari-hari bisa diterpenuhi.

Mengenai air dalam skala yang lebih luas, air bersih dan sehat sangatlah penting bagi perkembangan sosial dan ekonomi. Begitu tergantungnya.kehidupan manusia terhadap air, maka kualitas hidup manusia sangat tergantung dari kualitas air yang dikonsumsi.
Air yang baik dan sehat membuat ekosistem sehat dan tetap terjaga sehingga pada akhirnya,
menjadikan manusia lebih sejahtera. Sebaliknya, kualitas air yang buruk berdampak pada menurunnya kualitas manusia.

Sebagaimana kampanye PBB pada 2010 yang bertajuk “Clean Water for a Healthy World”, PBB menyatakan bahwa “kualitas air berdampak pada setiap orang dan gaya hidup kita berdampak
terhadap kualitas air”.

Jadi mari kita jaga kuliatas air kita agar tetap sehat, bersih dan layak komsumsi.
Menjelang puncak musim kemarau ini sangatlah tepat kita berhemat menggunakan air bukan menghamburkan air. Pergunakanlah air secukupnya.....!!! []- 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru