Waspada Tramadol diDesa

Tramadol, pil yang diindikasikan untuk mengobati dan meringankan nyeri sedang hingga berat dan biasanya digunakan pasca pembedahan. Pil yang mengandung Tramadol Hidroklorida 50 mg disetiap bunirnya kini dinilai membahayan bagi kesehatan remaja zaman sekarang.

Hal ini dibuktikan dengan efek samping yang dikandung oleh butiran obat yang dikenal dengan dengan pil penenang pada masyarakat umumnya, dalam kemasan tercantum kontra indikasi yang menyebabkan mual, muntah obtipasi, pusing, kulit kemerahan, sakit kepala hingga dispepsia serta tidak dianjurkan kepada penderita trauma kepala, mengakibatkan gangguan fungsi ginjal dan hati.

Dompu kini sudah mewabah penyakit taklik penggunaan obat tramadol, sering dijumpai pengguna tramadol ditempat umum, seperti dilingkungan pendidikan baik tinggkat SMP hingga perguruan tinggi.

Jum’at 22/05/2015 FKPD (Forum komunikasi pemuda Dorebara) mengadakan rapat terbuka didusun Tente desa Dorebara. Babinsa Dorebara dan Babinkamtibmas Dorebara dihadirkan guna mampu menyampakan kepada pihak berwajib tentang bahayanya tramadol. Seperti disalah satu sekolah tinggi diDompu, banyak pengedar tramadol dengan harga lumayan murah sampai harga tinggi. Seperti yang dipaparkan Rosihan (20) salah seorang anggota FKPPD dan sebagai mahasiswa menjelaskan betapa mudahnya mendapatkan Tramadol tersebut disekolah tinggi tempat ia belajar.

Dilingkungan SMA atau MA juga tidak sedikit pecinta Trama, seperti paparan Aden S. Yang duduk dibangku MA kelas XI bahwa disekolahnya pengedar merupakan siswa sekelasnya, dahulu ia jjuga pengguna, namun sekarang sudah istrahat karena mengetahui dampak dan efek yang justru merugikan.

Tanggapan dan harapan pemerintah desa dan Babinkamtibmas serta Babinsa Dorebara berharap agar dari Polsek Dompu mampu menangani dan mengurangi penggunaan Tramadol dan bekerja sama dengan pihak TNI dan pemerintah.

Kades Dorebara Drs. Tamziddun menegaskan akan menyurati dinas kesehatan untuk mengurangi pengedaran Tramadol dilingkup apotik dan puskesmas. Karena jika dibiarkan ujarnya akan mengakibatkan keburukan dan dampak yang sangat berbahaya. Az [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru