Kawasan Rumah Pangan Lestari

Sambang Kampung- Kelurahan Ijobalit kini memiliki program unggulan yaitu KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dimana setiap rumah memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami berbagai tanaman dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. KRPL ini didampingi langsung oleh Lurah Ijobalit hal ini dilakukan untuk memotivasi masyarakat untuk selalu memanfaatkan tiap jengkal tanah untuk ditanami tanaman yang bermanfaat.

Kesadaran masyarakat Kelurahan Ijobalit untuk membuat kawasan rumah pangan lestari ini dimulai sejak tahun 2014. Hal ini mengingat segala kebutuhan pokok sangat mahal disamping itu juga Kelurahan Ijobalit sangat jauh dari pasar sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari cukup memetik di halaman rumah sendiri.

Menurut Kepala Puskesmas Korleko drg. Agung Bagus mengatakan bahwa Kelurahan Ijobalit akan diikutsertakan lomba Lingkungan sehat ditahun 2015 ini. Dipilihnya Kelurahan ijobalit karena masyarakat Ijobalit sudah mulai sadar arti pentingnya kesehatan lingkungan dan sudah mampu memanfaatkan pekarangannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kelurahan Ijobalit merupakan pemekaran dari Kelurahan Tanjung dengan wilayah meliputi Dusun Geres, Ijobalit namun sekarang ini sejak tahun 2013 kelurahan Ijobalit dimekarkan lagi menjadi dua Kelurahan yaitu Kelurahan Ijobalit dan Kelurahan Geres. Semoga kegiatan masyarakat di Kelurahan Ijobalit ini dapat diikuti oleh desa dan kelurahan lainnya. (Eni) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru