Khasiat Buah Manuk Sareng

KM. Pohgading Timur. Manuk Sareng adalah nama kisan untuk tanaman Nanas karna Kulitnya mirip dengan manuk sareng (Bahasa Pohgading Timur). Didalam buah nanas terdapat beberapa nutrisi penting dan bermanfaat bagi tubuh, antara lain : vitamin seperti A dan C, sejumlah mineral seperti natrium, kalsium, zat besi, fosfor, sukrosa, dektrosa, beberapa enzim seperti bromelain dan proteiolitik. Terdapat juga serat dan air dalam kadar cukup tinggi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah nanas dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesehatan tubuuh. Dibawah ini adalah beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh kita

  1. Dapat mencegah kembung

Enzim bromelain dalam buah nanas memiliki peranan antara lain untuk membantu melunakkan makan sehingga dapat dengan mudah di olah dalam perut, enzim ini juga berperan aktif dalam mengurangi peradangan pasca operasi, mengatasi pembengkakan pada hidung ketika terserang infeksi sinusitis, serta mengurangi sakit akibat oesteoarthritis.

  1. Dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan vitamin C pada buahnya dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Enzim lain dalam buah nanas yaitu proteiolitik dapat mengurangi penyerapan lemak dalam usus oleh tubuh.

3. Memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kanker.

Zat karsinogenik pada buah nanas dapat membantu melindungi sel-sel sehat pada tubuh dari kerusakan serta dapat juga menyembuhkan sel – sel yang rentan mengalami kerusakan. Sel – sel rusak dalam tubuh dapat menimbulkan penuaan dini serta berbagai penyakit salah satunya adalah kanker.

4. Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Beberapa kandungan mineral dalam nanas dapat membantu meningkatkan perkembangan tulang dan memperkuat jaringan ikat..selain itu zat tembaga didalamnya dapat membantu melindungi tulang dari serangan osteoporosis. Kandungan mineral juga dapat membantu memperkuat gusi dan gigi agar tetap kuat dan sehat.

5. Mencegah penggumpalan darah.

Buah nanas dapat memperkecil terjadinya penggumpalan darah dan membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh.

6. Membantu memperbaiki indera penglihatan

Betakaroten yang terdapat juga dalam buah nanas dapat membantu menjaga dan meningkatkan indera penglihatan.

Semoga Manuk Sawung Penunggu Kebon Ini Bermanfaat Aminnn..!!!

By Badr_asa [] - 01

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru