Khasiat Daun Kelor

KM. Pohgading Timur. Kelor adalah sejenis tumbuhan dari. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau, bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Batang berkayu (lignosus), tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar; percabangan simpodial, arah cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang. Daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal (imparipinnatus), helai daun saat muda berwarna hijau muda. Buah berbentuk panjang bersegi tiga, panjang 20 - 60 cm; buah muda berwarna hijau - setelah tua menjadi cokelat, bentuk biji bulat - berwarna coklat kehitaman, berbuah setelah berumur 12 - 18 bulan. Akar tunggang, berwarna putih, membesar seperti lobak.

Perbanyakan bisa secara generatif (biji) maupun vegetatif (stek batang). Tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian 1000 m dpl, banyak ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah atau ladang.

Didusun sukamulia desa pohgading timur tanaman ini dimanfaatkan sebagai sayuran dan obat sakit lutut. Dalam pemanfaatanya sebagai sayur dan obat para masyarakat sukamulia memproduksinya denga cara membuat sayur bening. Jauh sebelumnya masyarakat setempat memanfaatkan daun kelor ini karna penyakit yang diderita bisa sembuh dan reaksinya sangat cepat, ketika selesai makan daun kelor langsung lutut mereka sakit dan itu menandakan ada reaksi penyembuhan yang terjadi karena terasa sakit namum namaya kita menggunakan bahan alami kita harus rutin melakukan pengobatan ini agar penyakit yang kita derita bisa tersembuhkan.

Selain itu memang daun kelor memiliki manfaat yang lain juga karna WHO menganjurkan bagi anak-anak pada masa pertumbuhanaya banyak-banyak makan kelor karna kelor pemicu kecerdasan anak karna kelor sudah di teliti dan kandungan gizinnya begitu besar seperti vitamin C, calcium, vitamin A, protein dan potasium dari Jeruk yang banyak mengandung vitamin C, Wortel yang banayak mengadung Vitamin A, Calcium dan Protein pada susu, Serta Potasium Pada pisang.  Bahkan orang india juga memanfaatkan kelor juga sebagai obat tradisional karna orang india yakin daun kelor bisa mengobati 300 jenis macam pennyakit

Manfaat daun kelor adalah:

  1. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  5. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  6. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  7. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  8. Memperindah kulit
  9. Meningkatkan energi
  10. Memudahkan pencernaan
  11. Antioksidan
  12. Memelihara sistem imunitas tubuh
  13. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  14. Bersifat anti-peradangan
  15. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  16. Mendukung kadar gula normal tubuh

By: Badri_Asa () 02

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru