Cara Mendapatkan SPP-IRT

Apa Arti SPP-IRT dan Bagimana Cara Mendapatkannya

Alhamdulillah Telur Asin Bakar  Produksi KTT. Azna Jaya Terara sudah mempunyai SPP-IRT  ( P-IRT No. 2035203010036-17 )

SPP-IRT adalah Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, ini di berikan kepada IKM/UKM yang memenuhi standar berdasarkan Peraturan Kepala Badan Pengawas  Obat dan makanan.

Ternyata ini sangat penting terutama bagi IKM atau UKM yang mengolah Produksi Pangan agar konsumen tidak ragu – ragu untuk membeli atau mengkonsumsi produk yang kita olah. Produk makanan Yang sudah mempunyai P-IRT artinya sudah terjamin kesehatannya baik dari sistem pengolahan maupun lokasi tempat mengolah.

Di tahun 2015 MEA produk olahan makanan yang tidak memepunyai P-IRT tidak di perbolehkan lagi beredar, dan yang sekarang ini di super market yang maju dan terkena,  produk Makanan yang kita mau jual , akan di tanya apakah sudah mempunyai P-IRT atau belum, kalau ada P-IRT Monggo kalau tidak punya akan di tolak.

Cara mendapatkan SPP-IRT adalah kita mendaftarkan di masing-masing Kabupaten TDI  dulu setelah itu kita ke Dikes. Memasukan berkas. Lalu menunggu dari pihak Dikes yang datang ke lokasi mengolah Produk makanan. Kedatangnya untuk bertanya, melihat atau mengkroscek bagimana proses  membuatnya, Bahan apa yang di gunakan, melihat kondisi air yang di gunakan, dan kemasannya apa aman atau tidak, itu semua di nilai oleh pihak Dikes.

Kalau sudah di nilai layak atau tidak ( bersih atau tidak bersih ) petugas Dikes akan mengimpormasikan  kepada Pengolah Makanan bahwa ini layak di berikan P-IRT atau tidak layak. Setelah itu kita menunggu maxmal 14 hari baru akan keluar P-IRT nya.

Bagi Konsumen sebaiknya apa bila mengkonsumsi makanan lihatlah P-IRT nya.[] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru