Lomba Kebersihan Kantor Desa

Penilaian Lomba Kebersihan Lingkungan antar Desa se-Kecamatan Batu Layar Lombok Barat dimulai hari ini 3 Desember 2014. Penilaian Lomba Kebersihan ini merupakan tindak lanjut dari Telegram Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat Komandan Daerah Militer IX Udayana, Nomor: ST/ 1236/ 2014, tanggal 17 Nopember 2014 tentang Pelaksanaan Lomba Kebersihan Lingkungan Antar Desa tingkat Kecamatan.

Penilaian Kebersihan Lingkungan dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab Kepala Desa terhadap pelayanan publik dalam rangka memajukan kualitas dan sistem pelayanan yang bermutu. Di satu sisi, penilaian kebersihan lingkungan yang sehat, bersih, serta asri yang akan menunjang pelaksanaan kegiatan pelayanan public demi kenyamanan.

Sembilan Desa yang di Kecamatan Batu Layar diharuskan mempersiapkan beberapa indikator yang akan menjadi nilai dalam lomba tersebut. Adapun indikator yang dimaksud meliputi: Kebersihan Gedung atau Sarana Umum, Penataan Ruangan, Penataan Halaman, Kebersihan Toilet/ Kamar Mandi, Pengelolaan Sampah Kebersihan dan Penataan Tempat Pelayanan Umum serta Kreasi dan Inovasi yang ada di masing-masing Desa.

Kemudian yang akan menjadi Tim Penilai dalam lomba kebersihan desa terdiri dari Kapolsek, Danposramil dan Pihak Kecamatan. Di Kecamatan Batu Layar telah dibentuk Tim dengan tugas antara lain; melakukan penilaian ke Kantor Desa se-Kecamatan Batu Layar, memberikan pembinaan ke Desa se-Kecamatan Batu Layar, merekapitulasi  hasil penilaian dari kriteria lomba dan menentukan pemenang lomba yang dilaksanakan dengan objektif. 

Kegiatan positif seperti ini diharapkan terus belanjut untuk memacu masyarakat dalam membentuk perilaku hidup bersih dan sehat. Dan jika kebiasan hidup bersih dan sehat ini bisa diwujudkan, nilai penting untuk menjaga kesehatan mampu dimasyarakatkan dan membudaya yang pada akhirnya akan melahirkan generasi-generasi atau kader-kader yang tetap peduli akan pentingnya nilai kesehatan.[] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru