Posyandu Desa Mekar Sari

Sabtu pagi 13 September 2014 yang cerah saat matahari mulai menampakkan sinar wajahnya seakan menambah energi untuk memulai aktifitas dipagi itu, terdengar jelas pengumuman melalui pengeras suara Masjid, terdengar suara Kepala Dusun mengumumkan jadwal pelaksanaan pelayanan Posyandu akan dilakukan pagi itu.

Sudah menjadi kebiasaan dikampung kami bahkan kampung-kampung yang lain menggunakan media pengeras suara Masjid untuk mengumumkan setiap kegiatan baik yang dilaksanakan didusun maupun desa seperti Pelayanan Posyandu, Gotong Royong, Undangan Kematian, Musyawarah warga dan masih banyak kegiatan lain yang diumumkan melalui pengeras suara Masjid.

Saya batalkan semua kegiatan pagi itu karena sudah bisa dipastikan saya akan mengantarkan istri ketempat pelayana posyandu Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada yang dipusatkan di rumah Bapak Mahrup Kepala Dusun Kebeon Belek, menurut informasi dari Laela Nupus (istri saya) bahwa Pelayanan Posyandu di Desa Mekar Sari dilakukan setiap satu bulan sekali dan dibagi menjadi dua. Karena jumlah dusun di Desa Mekar Sari ada 6 maka pemusatan pelayanan posyandu berada didua tempat, tiga dusun wilayah timur didusun Kebon Belek dan tiga dusun sebelah barat didusun Pemangket.

Sesampai dilokasi terlihat sudah banyak orang berkumpul memenuhi teras rumah sang Kepala Dusun, terlihat banyak ibu-ibu yang sedang hamil, balita bersama ibunya, petugas dari desa (Kader), Bidan Desa, dan beberapa orang Bapak dan Ibu yang menggunakan seragam, sepertinya petugas kesehatan dari Puskesmas Narmada.

Posyandu kali ini adalah posyandu yang keempat kali bagi istri saya melakukan pemeriksaan untuk kehamilannya yang ketiga kali, setiap kali ada pelayanan Posyandu kami selalu hadir karena kami sadar akan manfaat dari pelayanan Posyandu untuk ibu dan anak yanga ada didalam perut.

Satu persatu ibu-ibu hamil mendapat gilirin diperiksa oleh petugas kesehatan serta mendapatkan penjelasan bagaimana cara menjaga cabang bayi yang ada didalam perut mereka, kebiasaan yang sering dialami selama masa kehamilan, kegiatan yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama masa kehamilan serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu dan anak.

Untuk jadwal posyandu yang keempat ini istri saya mendapatkan pemeriksaan tekanan darah, detak jantung, dan disuntik yang saya sendiri tidak begitu mengerti itu suntikan apa, yang penting saya berkeyakinan semua rangkaian pemeriksaan tersebut berguna untuk kesehatan istri dan anak yang dikandungnya. Akhirnya pemeriksaanpun selesai dan kamipun pulang sambil berdoa dalam hati mudah-mudahan kelahiran anak kami yang ketiga nanti berjalan lancar tampa hambatan. (abd. Satar) - 03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru