Gerakan Kopang Peduli

“Gerakan Kopang Peduli”  merupakan  Program Pemerintahan Desa Kopang Rembiga dalam rangka menata lingkungan pemukiman desa agar menjadi lebih baik dan lebih bersih yang dilaksanakan pada setiap hari jum’at pagi secara bergilir dimasing-masing dusun.

Team Gerakan Kopang Peduli  yang  berjumlah 100 orang ini berasal dari semua elemen masyarakat  dan pemerinta desa yaitu: BPD, LKMD, Kadus, RT, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, BKM, OMS/LSM dan semua UPT yang ada dikawasan  Desa Kopang Rembiga. Gerakan kemasyarakatan yang sedah berjalan dan memasuki tahun kedua ini dirasa sangat membantu baik oleh pemerintah desa maupun masyarakat desa itu sendiri.

Selain melakukan penataan dan pembersihan lingkungan, pada kesempatan ini pemerintah desa maupun unsur-unsur lain mendapat kesempatan untuk sosialisasi secara langsung pada masyarakat dusun maupun RT terkait dengan peraturan pemerintah, program-program pemerintah yang sedang dan akan dilaksanakan serta diskusi ringan beberapa perwakilan masyarakat di lokasi pelaksanaan Gerakan Kopang Peduli.

Agenda tahun ini lebih difokuskan pada isu atau kejadian yang menjadi sorotan utama di Lombok Tengah terutama dibidang kesehatan  yang menyangkut makin banyaknya masyarakat Lombok Tengah yang terjangkit penyakit HIV Aids. Dari 12 kasus tahun 2013, sekarang sudah menjadi diatas 200 kasus (2014) sehingga tidak menutup kemungkinan akan bertambah drastis  ditahun berikutnya.

Untuk menekan permasalahan ini kita sebagai masyarakat harus ikut peduli membantu pemerintah dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat luas agar mereka segera paham dan sesegera mungkin untuk melakukan pencegahan, karena penyakit ini  penularannya tidak tampak dalam waktu singkat tetapi membutuhkan waktu 10-15 tahun baru penularan penyakit ini terdeteksi.

Tahun 2014 ini Gerakan Kopang Peduli bekerjasama dengan Dinas Kesehatan membentuk Tim sosialisasi HIV Aids dan pemeriksaan darah gratis bagi semua masyarakat desa kopang yang dilaksanakan tiap hari jum’at dimasing-masing dusun yang ketempatan dengan tujuan agar kita tahu lebih dini sekiranya ada warga masyarakat kita yang terindikasi terkena HIV Aids untuk segera diberikan penanganan lebih khusus. [] - 01


 


 


 


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru