logoblog

Cari

Jaga Lingkungan Demi Derajat Kesehatan yang Optimal

Jaga Lingkungan Demi Derajat Kesehatan yang Optimal

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengajak masyarakat untuk memperhatikan lingkungan demi meningkat ya derajat kesehatan. Hal tersebut disampaikan saat menjadi bintang tamu

Kesehatan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
28 April, 2019 12:53:06
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 782 Kali

Dinas Kesehatan Provinsi NTB mengajak masyarakat untuk memperhatikan lingkungan demi meningkat ya derajat kesehatan. Hal tersebut disampaikan saat menjadi bintang tamu dalam acara Inspiratif Expo di Jalan Udayana, pada Ahad pagi (29/4).

Dalam acara besutan Diskominfotik NTB tersebut, Dinkes NTB menjelaskan tiga faktor penting yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat. Ketiga faktor tersebut di antaranya, faktor lingkungan, keturunan, dan pelayanan kesehatan. Ketiga faktor tersebut harus benar-benar diperhatikan jika ingin memiliki derajat kesehatan yang maksimal. 

"Faktor lingkungan memiliki pengaruh yg paling besar dibanding 2 (dua) faktor lainnya,yakni : Keturunan dan Pelayanan Kesehatan.  Salah satu cara menjaga agar lingkungan tetap bersih adalah dengan  pengelolaan sampah yg baik yakni melalui program zero waste," jelas Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes NTB, Burhanudin, SKM didampingi I Made Parnaya selaku koordinator Zero waste. 

Sementara itu, I Made Parnaya selaku koordinator Zero waste, menekankan kepada masyarakat agar dapat lebih bertanggungjawab terhadap keberadaan sampah di sekitarnya. Made, panggilan akrabnya, mengajak masyarakat untuk mengamalkan 3R Zero Waste, reuse atau menggunakan kembali, reduce atau mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan recyle atau mengolah kembali (daur ulang). 

"Indonesia menjadi penghasil sampah plastik kedua terbanyak di dunia. Bayangkan itu kalo mau ditampung di sini bisa sepanjang Jalan Udayana ini. Jadi mari kita mulai sadar pentingnya menjaga bertanggungjawab terhadap sampah," himbaunya. 

 

Baca Juga :


Selanjutnya Made menjelaskan kepada masyarakat bagaimana cara memilah sampah sesuai jenisnya (Organik, non organik dan Bahan berbahaya). 

Sosialisasi tersebut kemudian ditambah kan dengan  lima tips menjaga kesehatan di antaranya, tidak buang air besar sembarangan, harus cuci tangan dengan sabun dan air bersih, minum air yang sehat dan bersih, membuang sampah pada tempatnya atau mengelolanya, serta mengelola limbah yang ada.

Sosiali dari Dinkes NTB kemudian ditutup dengan pemberian hadiah dan doorprize kepada masyarakat. (novita-tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan