logoblog

Cari

Keberadaan Kantin Sehat Untuk Memperoleh PBKPKS

Keberadaan Kantin Sehat Untuk Memperoleh PBKPKS

Setelah pelaksanaan Pertemuan Lintas Sektoral dalam Upaya Program Intervensi Pengawasan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Tahun 2019, Balai Besar POM di Mataram

Kesehatan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
26 April, 2019 18:58:44
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1071 Kali

Setelah pelaksanaan Pertemuan Lintas Sektoral dalam Upaya Program Intervensi Pengawasan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Tahun 2019, Balai Besar POM di Mataram akan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah (PBKPKS) terhadap 839 sekolah yang diintervensi diseluruh NTB.

Kepala Balai Besar POM di Mataram Dra. Ni Gan Suaraningsih, Apt. MH, mengatakan bahwa program BPOM tentang PBKPKS,  ditargetkan untuk seluruh  komunitas sekolah termasuk anak-anak sekolah dilibat untuk menerapkan praktek pangan aman.“Sasaran PJAS adalah sekolah yang memiliki kantin dan belum memiliki kantin,” kata Ni Gan Suaraningsih.

PBKPKS melewati proses Intervensi, diawali dengan Advokasi lintas sektor dengan OPD terkait, dilanjutkan dengan Bimtek Keamanan PJAS, Sampling dan Pengujian PJAS dengan Mobling, Pelatihan Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBKPKS), Audit PBKPKS serta pemberian paket edukasi keamanan pangan. “Pada akhir program, diserahkan piagam penghargaan PBKPKS kepada sekolah yang bernilai baik,” jelas Kepala BPOM Mataram ini.

Beberapa indicator sehingga sekolah tersebut memperoleh PBKPK, diantaranya anak sekolah harus cuci tangan sebelum ke kantin atau sebelum makan. Ada tempat sampah yang tertutup dan kebersihan kantin yang sangat dijaga. Makanan  terhindar dari cemaran udara luar dan lainnya.

Ini merupakan pedomannya di BPOM. Bagaimana menciptakan kantin yang sehat di sekolah, sehingga Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dapat memberikan asupan energi dan gizi bagi anak-anak usia sekolah

Sumber Pangan bagi anak selama berada di sekolah sebagian besar diperoleh dari kantin sekolah dan pedagang di sekitar sekolah. Oleh karena itu, peranan kantin sekolah dan pedagang di sekitar sekolah sangat penting untuk menyediakan pangan jajanan yang aman.

 

Baca Juga :


“Bimtek PBKPK merupakan upaya pemberdayaan Kantin Sekolah, maka diadakan Bimbingan Teknis Piagam Bintang Keamanan Pangan untuk Kantin Sekolah kepada 839 sekolah diseluruh NTB baik SD, SMP maupun SMA dibawah Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama,” ungkap salahsatu Kartini NTB ini, Kamis (25/4) di Hotel Lombok Astoria)

Sekolah Dasar menjadi sasaran utama sebagai peserta bimtek karena anak-anak di SD masih perlu dibimbing dalam memilih makanan yang sehat, aman dan bergizi. Keamanan pangan jajanan anak sekolah tetap terjamin, untuk  mengurangi masalah yang timbul akibat penyakit karena pangan.

Peran Komunitas Sekolah  seperti Kepala Sekolah, Pengelola kantin, Orang Tua dan Siswa serta Tim Keamanan Pangan Sekolah dan Dokter Sekolah, petugas UKS sangat diharapkan menjaga keamanan pangan sekolah dengan pemberdayaan kantin yang sehat, sehingga tujuan tersedianya PJAS yang aman, bermutu dan bergizi dapat tercapai. (Edy-Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan