logoblog

Cari

Warga Diminta Waspadai Serangan Anjing Pasca Panen Jagung

Warga Diminta Waspadai Serangan Anjing Pasca Panen Jagung

KM Bali 1, Dompu-Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu Hj. Iris Juita menghimbau kepada segenap warga Dompu untuk tetap waspada akan bahaya

Kesehatan

KM. Bali 1
Oleh KM. Bali 1
15 April, 2019 14:17:26
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1581 Kali

KM Bali 1, Dompu-Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu Hj. Iris Juita menghimbau kepada segenap warga Dompu untuk tetap waspada akan bahaya gigitan binatang yang berpotensi menularkan virus Rabies terutama Anjing. Menurutnya, warga perlu meningkatkan kewaspadaanya terutama setelah berlalunya masa panen jagung diseluruh kawasan perladangan di Kabupaten Dompu.
Pasalnya, hamper seluruh petani ladang jagung memanfaatkan anjing sebagai penjaga tanamannya agar tidak diganggu oleh binatang lain seperti Babi dan Monyet. Umi Iris juga menghimbau apabila terkena gigitan dari binatang-binatang tersebut warga diminta segera melaporkannya ke pihak-pihak terkait seperti puskesmas maupun tenaga kesehatan yang ada di desa-desa.
Senada dengan itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Dompu Zainal Arifin saat diwawancarai terkait bahaya rabies Jum’at (5/4) lalu di ruang kerjanya, bahkan lebih rinci memperhitungkan seberapa besar jumlah serangan anjing yang akan masuk ke perkampungan dan perkotaan pasca musim panen Jagung. Menurutnya, jika total luas areal tanam jagung di Kabupaten Dompu adalah 40.000 Ha, kemudian setengahnya yakni 20.000 Ha dijaga oleh anjing, dan setiap anjing menjaga 1 Ha, maka setidaknya ada 20.000 ekor anjing yang dikhawatirkan turun dari kawasan perladangan menuju ke kampung-kampung dan perkotaan. “dalam pengamatan petugas di lapangan, 1 petani itu memiliki anjing penjaga di lahannya 5 sampai 8 ekor anjing”, jelas Dae Arif.
Samapai saat ini, Pihak Disnakeswan masih melakukan Eliminasi secara intensif terutama di daerah-daerah yang rawan atau dalam kategori zona merah. “Zona Merah maksudnya disini adalah daerah yang pernah terjadi kasus gigitan dan menularkan Rabies”, Tandasnya.[Oz]
 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan