logoblog

Cari

Posyandu Solusi Kesehatan Dasar

Posyandu Solusi Kesehatan Dasar

Persoalan di bidang kesehatan selalu menjadi isu yang banyak dibicarakan disetiap daerah. Namun menurut Wakil Gubernur (Wagub) Dr. Hj. Sitti Rohmi

Kesehatan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
13 Maret, 2019 15:48:42
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1343 Kali

Persoalan di bidang kesehatan selalu menjadi isu yang banyak dibicarakan disetiap daerah. Namun menurut Wakil Gubernur (Wagub) Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd bahwa cara mudah menuntaskannya harus dimulai dari hulu.

"Ibarat api, maka sebelum terbakar tentu pasti ada kayu kemudian asap sehingga muncul api, maka persoalan hidup juga pasti ada sebab akibatnya,"kata Wagub saat membuka secara  Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) se NTB, Rabu (13/3) di Golden Palace Kota Mataram.

Menurut Sitti Rohmi yang perlu ditangani adalah persoalan mendasar untuk mengatasi permasalahan yang timbul saat ini. Sehingga pemerintah terus mendorong Posyandu keluarga dan pola hidup sehat dan bersih.

"Ini persoalan dasar kesehatan ada pada perilaku dan pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan di masyarakat, kalau ini tercapai maka insya Allah jarang orang sakit," jelas Wagub.

Pemerintah terus mengkampanyekan posyandu keluarga. Karena kegiatan ini ada disetiap pelosok dusun yang tersebar di desa-desa.

Posyandu disiapkan untuk penyuluhan penyuuluhan kesehatan gizi, cara hidup sehat, menjaga hidup bersih sehingga masyarakat sadar tentang pola hidup bersih, sehat dan mengetahui tentang gizi.

"Penyuluhan ini mampu memberikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya, akibat perkawinan usia dini, apa itu stunting, kesehatan ibu dan bayi serta pola hidup bersih dan sehat lainnya.

 

Baca Juga :


Posyandu keluarga ini sangat baik. Keseriusan pemerintah telah di buat surat edaran  untuk Kabupaten/Kota, camat, kades agar  memperhatikan posyandu, fasilitas dan penyuluhnya.

Pemerintah desa yang menjadi garda terdepan di pemerintah yang langsung bersinggungan langsung dengan masyarakat, wajib menganggarkan kebutuhan posyandu dalam APBDes nya.

"Kerjasama dan sinergi Pemerintah Provinsi, Daerah maupun desa perlu ditingkatkan. Sehingga sama-sama berhasil dalam mengawal dan mengimplementasikan program pemerintah," pesan Wagub didepan

Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp. A , MPH.

Kegiatan ini juga dihadiri  Ketua PPK Provinsi NTB Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Melalui Pertemuan Rakontek Terpadu Bidang Kesehatan Prov. NTB Hj. Niken Zulkieflimansyah dan  Kadiskes Kabupaten/Kota, Direktur Rumah Sakit Kabupaten/Kota dan Lintas Sektor di tingkat Provinsi NTB mengusung Tema Kolaborasi Program Kesehatan Pusat dan Daerah Menuju NTB Gemilang. (Edy Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan