logoblog

Cari

PSN 3m Plus Lebih Efektif Daripada Foging

PSN 3m Plus Lebih Efektif Daripada Foging

Sumbawa Barat. Diskominfo - Wabah Demam Berdarah atau DBD kembali menyerang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kepala Dinas Kesehatan KSB melalui Kepala

Kesehatan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
06 Maret, 2019 14:01:11
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 3315 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Wabah Demam Berdarah atau DBD kembali menyerang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Kepala Dinas Kesehatan KSB melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P), H. M. Yusfi Khalid  menghimbau program 3M Plus harus dilakukan setiap keluarga di KSB untuk mencegah nyamuk-nyamuk pembawa bibit penyakit.

Tindakan fogging (pengasapan) pada nyamuk pembawa virus DBD adalah salah bentuk pencegahan, penularan dan penyebaran DBD. Meskipun begitu banyak orang yang kawatir akan efek sampingnya karena gas asap dari Fogging termasuk dalam insektisida berjenis zat pyretroid sintetis.

Namun kandungan zat kimia tersebut hanya dapat membunuh serangga yang berukuran kecil seperti nyamuk, hanya saja jika dihirup dengan berlebihan maka gas fogging tersebut akan memberikan dampak buruk bagi manusia seperti memicu gejala batuk, mual, iritasi pada mata, gatal pada kulit, seperti dikutip juga oleh Doktersehat.com.

Dijelaskan H. Yusfi, bahwa menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Jadi, setiap keluarga hendaknya melakukan 3M Plus.

“Melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)  3M Plus secara rutin lebih efektif daripada fogging.” Kata H. M. Yusfi ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/3).

 

Baca Juga :


PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M Plus yang terdiri dari Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, Menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Sementara Plus nya adalah menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

“Semoga informasi tentang pencegahan demam berdarah di atas bermanfaat. Ayo kita lakukan 3M Plus agar keluarga tak terjangkit penyakit demam berdarah.” Tutup H. Yusfi. Feryal/tifa.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan