logoblog

Cari

MEMS 119, Telpon Andalan Saat Kecelakaan

MEMS 119, Telpon Andalan Saat Kecelakaan

Wahyu setiawati (24) merasa sangat bingung saat di perjalanan menuju ke carfreeday Udayana, di perempatan Jl. Bung Karno Mataram, ia menemukan

Kesehatan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
18 Februari, 2019 17:14:15
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1734 Kali

Wahyu setiawati (24) merasa sangat bingung saat di perjalanan menuju ke carfreeday Udayana, di perempatan Jl. Bung Karno Mataram, ia menemukan kecelakan bermotor. Kejadiannya begitu cepat, tiba-tiba saja terdengar suara hantaman yang begitu keras dan dua orang terpelanting dari motornya. Seketika, orang-orang mengerubungi kecelakan tersebut sementara Wahyu memilih untuk terus melaju ke Udayana karena tak tahu harus membantu bagaimana. 

Sesampainya di Udayana saat kebetulan menyaksikan Acara Inspiratif Expo yang digelar Diskominfotik NTB, mahasiswi Pasca Sarjana Universitas Mataram tersebut baru mendengar adanya layanan emergency publik untuk kecelakaan: Mataram Emergency Medical Service 119 (MEMS 119). 

"Kalau menemukan kecelakaan atau keadaan darurat  jangan panik. Langsung saja telpon 119 atau 087777577119! Mobil Ambulans dan Motor Ambulans kami siap datang menolong selama 24 jam!" jelas dr. Rachmy Hamdiyati saat menjelaskan MEMS 119 yang masuk ke dalam 10 Besar Inovasi Pelayanan Public NTB.

Wahyu mengaku baru mengetahui pelayanan milik RSUD Kota Matara. yang sudah ada sejak tahun 2017 yang lalu. Ia mengaku sangat bersyukur mengetahui hal tersebut, karena tak lagi harus bingung melakukan apa jika kembali menemukan kecelakaan di jalan. 

"Palayaan MEMS 119 ini benar-benar sangat dibutuhkan masyarakat kita. Karena sangat dibutuhkan dalam situasi darurat. Alhamdulillah gak sengaja nonton Inspiratif Expo saya jadi tahu dan akan saya sebar lebat story IG saya," tuturnya.

Warti, salah seorang Perawat yang tergabung dalam MEMS 119 menjelaskan hingga saat ini, MEMS 119 telah memiliki 1 buah ambulan gawat darurat Advance, 4 buah ambulan gawat darurat basic, 11 ambulan puskesmas yang telah terbranding dan terintegrasi dengan 119.

 

Baca Juga :


"Kami juga memiliki 5 buah ambulan Motor yang dapat menjangkau pasien di tempat yang letaknya terpencil. Semua kami lakukan demi pelayanan publik yang lebih cepat tanggap untul masyarakat," tuturnya  saat diwawancarai melalui WA oleh Tim Media. 

MDMS sendiri adalah organisasi layanan medis yang bergerak di prehospital di wilayah kota mataram. MEMS 119 bertujuan meningkatkan akses masyarakat kota mataram terhadap layanan kegawat daruratan di bidang  kesehatan khususnya dan aktif berkerjasama dengan  dengan badan penanganan kegawatan yang lain  untuk mewujudkan safe community.

MEMS 119 merupakan organisasi pelayanan kegawat daruratan prehospital pertama di Provinsi NTB yang terintegrasi dengan SPGDT nasional. MEMS 119 berupaya untuk menjadi barometer pelayanan Kegawat daruratan di wilayah NTB dan wilayah pariwisata. Dan akan menjadikan dirinya sebagai pusat pelatihan kegawat daruratan. (novita-tim media) 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan