logoblog

Cari

Minum Kopi, Dapat Mengurangi Risiko Bunuh Diri

Minum Kopi, Dapat Mengurangi Risiko Bunuh Diri

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh manusia setelah air mineral. Kebutuhan kopi yang semakin meningkat memberikan dampak positif

Kesehatan

Suparman
Oleh Suparman
11 Januari, 2019 23:27:31
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 2397 Kali

Kopi menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh manusia setelah air mineral. Kebutuhan kopi yang semakin meningkat memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat petani maupun industri kopi. Bagi penikmat kopi, telah banyak memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkosumsi minuman berkafein tersebut. Selain itu, minuman ini juga bisa menjadi alternatif saat siang atau menjelang sore, sambil menemani pekerjaan, hingga menghilangkan kantuk.

Nah, lebih dari pada itu, kopi ternyata mempunyai beragam dampak pada tubuh. Laman Reader's Digest, melansir hal yang terjadi pada tubuh saat meminum kopi.

Suasana hati yang membaik. Selain mencegah penyakit, kandungan kafein kopi berkorelasi langsung dengan otak.Efek ini terutama terlihat pada tingkat konsumsi yang rendah (sekitar 75 mg). Menurut Witherspoon, kafein terkait dengan tindakan positif pada otak, termasuk peningkatan kewaspadaan dan perhatian mental, membantu konsentrasi, serta memperbaiki suasana hati.

Suasana hati yang membaik pada akhirnya akan terjadi penurunan depresi. Bahkan American Association of Retired Persons (AARP) menemukan, kopi dapat memotong risiko manusia untuk bunuh diri.

Temuan dalam studi pada tahun 2013 dari Harvard's School of Public Health mengungkap, mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari dapat mengurangi risiko bunuh diri hingga 45 persen, seperti yang dilansir dari Kompas.com.

 

Baca Juga :


Hal ini terjadi kemungkinan karena efek stimulan kafein membantu meningkatkan suasana hati tadi. Selain efek positif kafein pada kewaspadaan, perhatian, konsentrasi, dan suasana hati, ternyata kopi juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan retensi memori.

Penting untuk dicatat, lebih banyak kafein tidak selalu lebih baik, serta tidak akan selalu terbukti memiliki dampak positif pada produktivitas. Akan tetapi dampak negatif dari minum kopi yang terlalu banyak, dapat menyebabkan kematian kalau diminum 100 cangkir kopi setiap hari. Sumber Foto: hellosehat.com

(Man)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan