logoblog

Cari

Keikutsertaan Program JKN di NTB Mencapai 75 Persen

Keikutsertaan Program JKN di NTB Mencapai 75 Persen

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mataram, dr. Muhammad Ali menjelaskan, perkembangan pelaksanaan program keikutsertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Kesehatan

Suparman
Oleh Suparman
11 Januari, 2019 21:43:21
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1173 Kali

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Mataram, dr. Muhammad Ali menjelaskan, perkembangan pelaksanaan program keikutsertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi NTB, berdasarkan data Dukcapil  semester I tahun 2018 telah mencapai 3,9 juta jiwa dengan presentasi sekitar 75 persen.

"Artinya masih ada sekitar 1,3 juta jiwa atau sekitar 25 persen penduduk kita yang belum menjadi peserta program JKN," ungkapnya pada acara jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi bertajuk Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di halaman kantor Gubernur NTB, Jumat (11/1).

"Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah di Provinsi NTB terhadap upaya percepatan target RPJN ini. Mudah-mudahan di tahun 2019 bertambah lagi jumlah peserta dalam program ini," ucapnya.

Ia menjelaskan, di dalam Peraturan Presiden (PP) Nomor 02 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan  Jangka Nasional (RPJN) 2015-2019 Bidang Kesehatan, diharapkan pada Tahun 2019 jumlah peserta JKN telah tercapai minimal 95 persen. Artinya, dengan besaran 75 persen populasi penduduk NTB tentu masih ada upaya bersama untuk mempercepat target tersebut.

"Pada tahun 2018, dari sepuluh kabupaten kota di wilayah NTB terdapat empat kabupaten kota yang telah mencapai 95 persen penduduknya menjadi peserta JKN," jelas dr. Muhammad.

 

Baca Juga :


Empat kabupaten kota tersebut adalah Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat dan Kota Bima. Ini menyusul 120 kabupaten kota se Indonesia data Mei 2018 yang juga terlebih dahulu mencapai target menyusul empat Provinsi yaitu DKI Jakarta, Aceh, Gorontalo dan Papua Barat.

"Dari total 514 kabupaten kota telah ada 494 pemerintah kabupaten kota yang menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Dari 494 ini sebanyak 493 telah diintegrasikan ke dalam program JKN," jelasnya.(Man)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan