logoblog

Cari

Tutup Iklan

Trauma Healing Kemenkominfo RI Hadirkan Psykolog

Trauma Healing Kemenkominfo RI Hadirkan Psykolog

Kehadiran kita disini adalah bentuk perhatian kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi. Memberikan perhatian, berbaur dan bermain dengan mereka merupakan Dukungan

Kesehatan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
14 Oktober, 2018 20:57:10
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 2278 Kali

Kehadiran kita disini adalah bentuk perhatian kepada masyarakat terdampak bencana gempa bumi. Memberikan perhatian, berbaur dan bermain dengan mereka merupakan Dukungan Kesehatan Jiwa Dan Psikososial (DKJPS)  sebagai " Trauma Healing".

Melakukan kegiatan play theraphy dengan berbagai bentuk kegiatan. Misalnya bernyanyi dan bermain bersama dan mendengarkan ceramah agama. Tujuan utamanya agar anak-anak dan masyarakat menemukan kembali keceriaan dan kepercayaan diri.

Hal tersebut dikatakan ahli psykolog, dari RS Jiwa Mutiara Sukma NTB, Nalurita Palupi, M. Psi.  saat memberikan motivasi dan semangat bagi anak-anak dan masyarakat di gelaran Pertunjukan rakyat yang mengusung tema Trauma Healing bagi korban gempa Lombok, Sabtu ( 13/10) di Lapangan Dusun Keranji Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok tengah.

Memberikan bantuan berupa dukungan psikososial dan psikologi bagi anak-anak dan orang tua yang terkena dampak gempa bumi. " Kami ingin memberikan edukasi soal informasi bencana atau informasi tentang menghadapi gempa bumi," kata Psikolog ini.

Melakukan pemulihan trauma lewat cara-cara yang familiar di mata masyarakat. Jika jantung berdebar, maka relaksasi dilakukan dengan berdzikir sambil atur pernapasan. Jadi kita campur dengan kebiasaan masyarakat.

"Bapak, Ibu dan anak-anaku kalau terjadi gempa, maka jangan panik, tetap tenang. Kalau saat itu ada meja atau divan kita bisa berlindung di kolongnya. Bila tidak ada cepat lari keluar dari bangunan dan mencari tanah datar, jauh dari bangunan atau tembok, tiang listrik atau pohon yang tinggi, dengan tetap tenang dan menyebut nama Allah SWT," ajar Nalurita Palupi.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemenkominfo RI, Drs. Wiryanta, MA. Ph.D, menyatakan kehadiran Kemenkominfo dan Diskominfotik NTB, bentuk perhatian dan kepedulian terhadap masyarakat setempat.

"Kami hadir untuk membatu dan bersama bapak-ibu bangkit kembali setelah pasca gempa bumi, mari membangun kembali Lombok.  Kita harus kuat dan mampu bangkit kembali dengan beraktivitas seperti biasa," ungkap Wiryanta.

Untuk kembali membangkitkan semangkat dan menghilangkan trauma terhadap gempa bumi, Kegiatan ini menghadirkan ahli psikologi, tauziah, pemeriksaan kesehatan gratis, permainan rakyat untuk anak-anak, dan doorprize.

 

Baca Juga :


Sekertaris Diskominfotik NTB, Fairuz Abadi mewakili Kepala Dinas, mengatakan bahwa Desa Mas-Mas tidak asing baginya. Ada orang hebat yang telah mengubah desa Mas-Mas menjadi desa wisata yang dikenal hingga di dunia Internasional yaitu Khabiburahman  anak kampung media Kaula.

"Kedatangan kami dengan niat baik. Melakukan hal-hal baik. Menyebarkan yang baik, sehingga ruang-ruang disekitar kita dimanfaatkan untuk hal yang baik," ajak Fairuz.

Dierah perkembangan Teknologi informasi ini, mari kita mengisi dengan hal baik. Sehingga kabar yang baik untuk dikabarkan kepada orang lain. " Jangan menfitnah dan mencaci maki, kabarkan hal yang baik, Orang baik akan dibimbing dengan cara baik ke arah hal-hal yang baik," tutup Fairuz.

PLT. Kades Mas-Mas Parhanudin mengapresiasi kegiatan ini. "Ucapan terimakasih dan apresiasi  untuk Kemenkominfo RI dan Dinas Kominfotik yang telas menghibur dan hadir di desa kami," kata Kades.

Kegiatan trauma healing yang dipadu dengan kegiatan Inspitarif Expo On Site Diskominfotik NTB, menghadirkan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat setempat. Hiburan tari tradisional dan permainan rakyat.

Percis Band hadir membawakan bait-bait lagu menghibur masyarakat Desa Mas-Mas. Mengiringi pembagian door prize utama yaitu HP, TV dan Sepeda yang di dampingi Sekdis Kominfotik NTB Fairuz Abadi,  hingga selesai acara ini. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan