logoblog

Cari

Sehat Bersama Sholat Subuh

Sehat Bersama Sholat Subuh

Sumbawa Barat. Diskominfo - Sholat subuh adalah salah satu shalat yang cukup berat dirasakan oleh umat islam yang lemah imannya. Terlebih

Kesehatan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
04 Agustus, 2018 13:59:27
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 4709 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Sholat subuh adalah salah satu shalat yang cukup berat dirasakan oleh umat islam yang lemah imannya. Terlebih lagi jika harus menunaikannya di masjid seiring dengan gelap dan dinginnya hawa dini hari. Namun dengan kondisi seperti itulah, terdapat ganjaran yang besar dari Allah bagi manusia yang melaksanakannya.

"Barangsiapa yang menghadirkan shalat subuh berjamaah berada dalam jaminan Allah." (HR.Muslim). Adapula sejumlah hadist lainnya yang mengungkapkan tentang keutamaan dari shalat subuh berjamaah : Dari Buraidah al-Aslami rahiyallahuanhu dari Nabi SAW bersabda: Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Disamping berkah pahalanya yang besar, seseorang yang konsisten mengerjakan sholat subuh cenderung mempunyai kesehatan yang baik. tetapi tidak menutup kemungkinan penyakit datang menyerang tanpa diketahui. Maka, untuk menjaga agar kesehatan para jamaah Masjid tetap sehat secara fisik, Pengurus Masjid Agung Daraussalam mengadakan gerakan cek kesehatan gratis bagi jamaah Masjid Agung Darusalam Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)-Nusa Tenggara Barat (NTB), cek kesehatan ini dilakukan setiap hari Jumat ba'da sholat subuh.

Pengurus Masjid Darussalam, Rusdin A. Karim, S.Pdi., mengatakan dengan diadakannya kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada para jamaah masjid agung secara rutin, jamaah menjadi tau kondisi dan kesehatannya secara berkala.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan salah satu organisasi kemanusiaan yakni Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), tujuannya yakni untuk menjaga kesehatan para jamaah masjid agung agar tetap sehat. Selain itu, untuk menjaga silaturahmi diantara jamaah dan masyarakat di sekitar Masjid. Jamaah Masjid Agung Sehat Bersama Sholat Subuh". Tutur Rusdin saat ditemui di ruangan pengurus Masjid Agung, Sabtu (04/08).

Rusdin memaparkan, cek kesehatan ini telah dilakukan dua kali. "Cek kesehatan Ini bukan hanya sholat subuh pada hari jumat saja tetapi bisa juga pada saat darurat karena Dokter dan Perawat yang akan membantu tetap siap dan siaga, dan ini bukan hanya jamaah kita disini saja, orang-orang di sekitar Masjid juga yang datang kesini boleh memeriksakan kesehatannya secara gratis". Jelasnya.

Di Masjid Agung Darussalam sendiri sudah mempunyai Klinik Darussalam tetapi belum maksimal, dengan adanya kegiatan ini dan adanya sumbangsi tenaga dari beberapa dokter sehingga Klinik ini akan difungsikan lagi.

 

Baca Juga :


Harapan kami, lanjut Rusdin, kedepannya agar para jamaah rutin memeriksakan kesehatannya, walaupun minimal hanya sekedar pemeriksaan ringan. Dengan adanya pelayanan seperti ini pihaknya ingin para jamaah dan masyarakat di sekitar yang datang ke masjid merasa nyaman dan aman ketika berada di masjid Agung.

Sementara itu, pada saat yang bersamaan Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), Dr. Deddy Zulkarnaen., yang sekaligus menjadi Dokter di KSB menjelaskan bahwa cek kesehatan yang dilakukan tersebut meliputi, cek gula darah, kolesterol dan asam urat serta cek kesehatan gigi. "beberapa alat masih kurang, kami akan menambahnya lagi agar para jamaah bisa mengecek kesehatannya secara rutin, kami juga akan bekerjasama dengan beberapa pihak dalam hal penyediaan obat-obatan". Tutur Deddy.

Deddy mengungkapkan, Antusias dari masyarakat cukup tinggi, agar pengobatannya bisa lebih efektif dan waktunya lebih singkat maka mungkin beberapa alat pemeriksaan yang belum lengkap akan ditambah. Jika ditemukan ada penyakit yang perlu penanganan yang ekstra, pihaknya akan langsung merujuk ke tempat terdekat yakni Puskesmas Taliwang.

Deddy juga menjelaskan, bahwa BSMI adalah salah satu organisasi kemanusian nasional non profit yang berdiri sejak tahun 2002, namun di KSB organisasi ini muncul pada tahun 2012. Organisasi ini masuk ke dalam kegiatan apapun yang berhubungan dengan kemanusiaan, tanggap bencana dan lain-lain. Beberapa kegiatan yang pernah diikuti adalah cek kesehatan gratis pada warga pada saat safari ramadhan di beberapa tempat dan masjid dengan pemeriksaan kesehatan dan pelayanan dengan memberikan obat. [Diskominfo Kabupaten Sumbawa Barat/feryal/tifa]



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan