logoblog

Cari

Tutup Iklan

NTB Siap Laksanakan Imunisasi Campak dan Measles Rubella

NTB Siap Laksanakan Imunisasi Campak dan Measles Rubella

Pada bulan Agustus dan September mendatang, Dinas Kesehatan provinsi NTB akan mengkampanyekan sekaligus introduksi vaksin campak Measles Rubella (MR) dan imunisasi

Kesehatan

Aan Harmiawan
Oleh Aan Harmiawan
23 Juli, 2018 08:24:45
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1581 Kali

Pada bulan Agustus dan September mendatang, Dinas Kesehatan provinsi NTB akan mengkampanyekan sekaligus introduksi vaksin campak Measles Rubella (MR) dan imunisasi bagi masyarakat NTB.

Pemberian vaksin terbagi menjadi dua tahapan. Pada bulan Agustus akan dilaksanakan di tiap-tiap sekolah, sedangkan pada bulan September dilaksanakan pada pusat pelayanan kesehatan masyarakat.

Adapun sasaran pemberian vaksin itu adalah anak usia 9 bulan sampai dengan usia dibawah 15 tahun.

"Kalau dulu pemberian vaksin diberikan kepada anak sampai dengan usia 5 tahun, untuk sekarang sasaran kita sampai dengan usia dibawah15 tahun," ungkap Hj. Rabiatul Adawiyah S.Si selaku Kasi Surveilans Imunisasi dan Kesehatan Bencana Dikes prov.NTB pada acara inspiratif expo yang digelar Dinas Kominfo dan Statistik NTB di carfreeday udayana. Minggu, (22/7/18).

Ia juga menjelaskan jika pemberian imunisasi vaksin MR sangat penting dilaksanakan, karena dengan imunisasi rutin saja masih belum bisa meghindarkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan penyakit menular terutama yang ditimbulkan dari virus MR ini.

Nantinya vaksin campak ini akan diperoleh masyarakat secara cuma-cuma alias gratis.

Karena itu lanjut Rabiatul, Dinas Kesehatan akan bekerja secara maksimal untuk melayani semua masyarakat di dalam pemberian imunisasi.

 

Baca Juga :


"Tidak boleh ada yang tidak terlayani, baik itu di posyandu maupun di sekolah," katanya.

Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, beberapa strategi telah dilaksanakan Dinkes NTB diantaranya Advokasi Sosialisasi (Adsos) dan program serta menggandeng 25 lintas sektor terkait seperti Diknas, Kemenag, RSUP, dan lainnya. Selain juga melalui media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) berupa baliho dan spanduk di lokasi strategis.

Sebelumnya pada tahun 2017 pemberian vaksin MR ini juga telah dilaksanakan di pulau Jawa dan pelaksanaannya cukup terbilang sukses. “Kita di NTB juga harus sukses dengan cakupan 95 persen," tandas wanita kelahiran Pancor Lotim tersebut.

Untuk diketahui Virus Rubella ini tidak hanya berdampak bagi anak-anak saja, bila virus rubella ini menginfeksi bagi ibu hamil, bisa mengakibatkan keguguran dan kecacatan yang mengakibatkan kematian.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, tetapi penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. (ahn)



 
Aan Harmiawan

Aan Harmiawan

Lahir di Mataram bertepatan dengan HUT Provinsi Bumi Gora Nusa Tenggara Barat, ingin mencoba menggapai sebuah cita dengan imajinasi yang tertuang dalam media digital. Belajar dan terus belajar!

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan