logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ramuan Obat Sendi Dari Lombok

Ramuan Obat Sendi Dari Lombok

Sekitar tahun 1910, ketika Prof. Dr. Soedjono bertugas di Pulau Lombok dalam menangani masalah penyakit, ia pun terkadang mengalami kekurangan obat-obatan.

Kesehatan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
26 Mei, 2018 19:59:26
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 1751 Kali

Sekitar tahun 1910, ketika Prof. Dr. Soedjono bertugas di Pulau Lombok dalam menangani masalah penyakit, ia pun terkadang mengalami kekurangan obat-obatan. Namun, ia tak pernah akan menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan, khususnya di bidang pengobatan di Lombok.  “Tak ada rotan akar pun jadi,” seperti itulah perinsipnya dalam menjalankan pengabdiannya pada masyarakat Lombok. Perinsip inilah yang menguatkan dirinya untuk tidak segan bertukar pikir dengan warga setempat, khususnya di bidang pengobatan. Ia pun banyak belajar tentang pengobatan tradisional pada masyarakat, baik dalam bentuk pengobatan dengan mengandalkan ramuan daun-daun, maupun dengan ilmu pengobatan lainnya. Konon, salah satu ramuan obat yang sering diberikan kepada penderita yang terkena penyakit luka infeksi dan keram pada persendian kaki adalah  Tumbuhan Malacui .

Tumbuhan Malacui masuk kelompok tumbuhan berjenis benalu yang memiliki bunga, namun ia pun juga sebenarnya sejenis tumbuhan parasit obligat yang hidup dan tumbuh pada bagian batang atau dahan pohon tumbuhan lain.

Tumbuhan Malacui (Lorantus Pentandrus) juga dikenal baik sebagai obat herbal oleh para ahli pengobatan Cina. Di Pulau Lombok, seperti di Kota Raja Lombok Timur, Tumbuhan Malacui dapat dijumpai tumbuh sebagai tumbuhan parasit dibeberapa jenis pohon yang sering dijumpai di pohon mangga.

Informasi lain dari berbagai warga masyarakat Kota Raja Lombok Timur, Tumbuhan Malacui memiliki khasiat yang luar biasa, selain dapat mengobati penyakit diabetes, juga terhadap antioxidant dan antihipertensi. Namun, sebagian warga masyarakat Kota Raja mengatakan bahwa Tumbuhan Malacui dapat mengurangi gejala penderita penyakit Maag (ulcer), batuk, asam lambung, asam urat, dan juga untuk untuk penderita sakit darah tinggi (hipertensi), serta penderita lemah syahwat atau ejakulasi dini. Olehnya itu butuh pengolahan secara alamiah dan beragam dalam memanfaatkan Tumbuhan Malacui ini sebagai obat. Tentu tergantung dari jenis penyakit yang dialami oleh seorang pasien.

 

Baca Juga :


Salah satu bentuk pengobatan Tumbuhan Malacui yang sering dipraktekkan oleh Masyarakat Kota Raja di Lomok Timur adalah ketika menghadapi penderita sakit punggung, pinggang, persendian terutama persendian pada kaki dan lemah otot pada bagian kaki dan paha. Caranya adalah dengan mengambil daun Tumbuhan Malacui, pucuk daun jeruk nipis, air yang telah didiamkan lama  atau semalam di atas atap rumah.

Setelah bahan terkumpul, daun Tumbuhan Malacui diulek atau dihancurkan, tapi tidak terlalu halus. Sedangkan untuk pucuk daun jeruk nipis juga dihaluskan tapi sampai halus, kemudian dicampur dengan daun Tumbuhan Malacui yang sudah diulek tadi. Setelah itu, gabungkan semua daun-dauanan tadi yang sudah diulek atau dtumbuk dengan menggunakan air yang telah didiamkan selama satu malam. Setelah semua tercampur, balutkan  pada bagian  yang terasa sakit, seperti  di punggung, pinggang, persendian, betis atau paha.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat pada pembaca, khususnya yang sering mengalami gangguan sakit pada bagian punggung, pinggang, persendian, betis atau paha gangguan penyakit, seperti sakit pada tulang persendian.



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan