logoblog

Cari

Tutup Iklan

Gubernur NTB Tinjau Radioterapi

Gubernur NTB Tinjau Radioterapi

Mataram, 27 Maret 2018  Sekitar pukul 11.30 Wita  (27/03), Gubernur NTB " Dr. TGH. M. Zainul Majdi"  tiba di Gedung Mainhall

Kesehatan

RSUD NTB
Oleh RSUD NTB
27 Maret, 2018 16:51:19
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 4930 Kali

Sekitar pukul 11.30 Wita  (27/03), Gubernur NTB " Dr. TGH. M. Zainul Majdi"  tiba di Gedung Mainhall RSUD Provinsi NTB.  Kedatangan Gubernur beserta Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Provinsi NTB ini disambut oleh Direktur RSUD Provinsi NTB " dr H. Lalu Hamzi Fikri, MM" beserta Jajaran Direksi dan bagian pelayanan . Kedatangan orang nomor 1 di NTB tentunya membuat terkejut beberapa pasien dan keluarga yang sedang melakukan antrean di pendaftaran. Momentum ini tidak disia-siakan pengunjung mendekat dan Bapak Gubernur NTB sempat  berdialog dengan beberapa pasien.

Gubernur NTB langsung menuju ke Gedung  Radioterapi. Radioterapi merupakan salah satu pelayanan baru dan menjadi unggulan yang sedang dipersiapkan oleh Rumah sakit Umum daerah Provinsi NTB untuk melengkapi pelayanan onkologi yang selama ini telah berjalan. Di dalam ruang alat radioterapi, Gubernur NTB mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur RSUD Provinsi NTB, Wadir Pelayanan “ dr. Agus  Rusdhy H.Hamid, Sp.OG (K), Kepala Instalasi Radiologi ‘ dr. Dewi Anjarwati, Sp.Rad”, dan tekhnisi alat radioterapi.

Gubernur NTB mendapatkan penjelasan tekhnis seputar   alat radioterapi, persiapan prasarana dan perangkat pendukung layanan radiotherapy. Selanjutnya Gubernur mengharapkan semua persiapan dapat  berjalan dengan lancar dan  ready  serta safety termasuk perangkat pendukungnya  sehingga mampu membantu masyarakat dalam penanganan kanker sesuai harapan.

 

Baca Juga :


Pelayanan onkologi di RSUD Provinsi NTB   merupakan salah satu layanan unggulan yang diharapkan dapat melakukan pencegahan dan pengobatan penyakit kanker yang semakin meningkat baik kuantitas maupun kualitas khususnya di wilayah NTB . Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencegahan dan pengobatan penyakit kanker di RSUD Provinsi NTB  yaitu:

  • Usaha promotif meliputi Ceramah rutin bulanan, seminar awam, talk show, brosur, spanduk, Koran/ majalah dan media sosial.
  • Usaha preventif meliputi Pelarangan merokok di lingkungan Rumah Sakit; meminimalisir paparan radiasi di Radiologi, Radioterapi yang sedang dikembangkan; menghindari penggunaan bahan makanan yang mengandung pengawet, penyedap, pewarna sintesis dan penyedap di Instalasi gizi dan Kantin Rumah Sakit; ceramah/ seminar awam tentang upaya pencegahan kanker; dan operasi untuk mencegah kanker.
  • Deteksi dini Kanker meliputi USG mammae, Pap Smear, Vaksin untuk kanker, bronkoskopi, Endoskopi; ceramah/ seminar awam tentang tanda dan gejala dini kanker; dan brosur dan spanduk tentang tanda dan gejala dini kanker.
  • Terapi Kanker meliputi Pembedahan, mulai tumor yang kecil sampai yang besar ( dari stadium dini sampai stadium Advance); Kemoterapi, terapi Hormon, terapi Target, pada ruangan dan perawat dengan keterampilan khusus; dan radioterapi yang sedang dipersiapkan.
  • Kemoterapi merupakan  Pelayanan Onkologi Terpadu dilakukan oleh dokter spesialis dan dokter subspesialis di bidang onkologi (kanker), dikhususkan bagi terapi kanker melalui kemoterapi yaitu pemberian obat melalui intra vena atau pembuluh darah. Pelayanan dilakukan setiap hari kerja bertempat di Ruang Rawat (Gili Asahan) .
  • Saat ini RSUD Provinsi NTB sedang mempersiapkan layanan radioterapi untuk melengkapi layanan terpadu onkologi. Sehingga diharapkan RSUD Provinsi NTB nantinya  dapat menjadi sentral penanganan kanker di Wilayah Indonesia Timur.  Ikhtiar memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat NTB



 
RSUD NTB

RSUD NTB

RSUD Provinsi NTB adalah Rumah Sakit Type B Pendidikan Milik Pemerintah Provinsi NTB dengan memiliki fasilitas layanan spesialis dan sub spesialistik dan alat-alat canggih.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan