logoblog

Cari

Tutup Iklan

Peringatan Hari TBC Sedunia di KSB

Peringatan Hari TBC Sedunia di KSB

SUMBAWA BARAT-KOMINFO Setiap tanggal 24 Maret diperingati hari Tuberkulosis (TBC) sedunia, bertepatan juga dengan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang

Kesehatan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
26 Maret, 2018 07:30:39
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 5287 Kali

SUMBAWA BARAT-KOMINFO; Setiap tanggal 24 Maret diperingati hari Tuberkulosis (TBC) sedunia, bertepatan juga dengan HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada tanggal 17 Maret 2018 beberapa hari yang lalu. 

Perawat di Kabupaten Sumbawa Barat yang tergabung dalam PPNI telah melakukan berbagai macam rangkaian acara berkaitan dengan peringatan hari TBC sedunia dan HUT PPNI tersebut. Demikian yang disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan KSB, Yusfi Halid, S. KM pada acara peringatan TBC sedunia di lapangan upacara Kantor Bupati Graha Fitrah KTC, Jumat pagi (23/3/2018).

Kabid P2P Mengatakan, sejak tgl 17 maret yang lalu Dinas Kesehatan telah melakukan road show ke semua puskesmas di KSB untuk melihat bagaimana peran perawat dalam pelayanan kepada masyarakat dihari libur. "pada HUT PPNI beberapa hari yang lalu kami telah melakukan road show dan ternyata memang perawat-perawat kita yang ada di seluruh KSB tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat walaupun dihari libur, kemudian hari ini juga kami adakan senam bersama dan senam TBC  memperingati hari TBC sedunia."tuturnya. 

Disamping road show, Dikes melalui PPNI juga membuka kesempatan kepada masyarakat khususnya ASN lingkup Pemda KSB yang ingin mendonorkan darahnya, langkah ini diambil karena RSUD KSB membutuhkan stok darah yang banyak. 
Selain donor darah Dikes juga menyediakan tenda untuk pengecekan kesehatan, pemeriksaan penyakit tidak menular seperti pengecekan gula darah, kolesterol dan hipertensi serta pemeriksaan TBC.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, H. Tuwuh, S. AP dalam sambutannya di depan beberapa pimpinan OPD dan peserta senam TBC menyampaikan, beberapa program pemerintah KSB melalui Dinas Kesehatan pada tahun ini. 

"Penyakit tidak peduli miskin atau kaya seseorang, penyakit itu pasti datang dan kita harus menerapkan hidup sehat. Program pemerintah tahun ini adalah melawan kekurangan gizi yg menyebabkan terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak. Penanganan pertumbuhan anak ini harus dilakukan sedini mungkin dari masa kehamilan dan usia bayi. Yang kedua, masalah imunisasi, seluruh bayi dan balita di KSB harus mendapatkan imunisasi lengkap. Yang ketiga adalah Eliminasi TBC."jelasnya. 

 

Baca Juga :


Tuberkulosis (TBC) adalah suatu penyakit menular berbahaya yang menyerang paru-paru bahkan organ tubuh lainnya, TBC bisa tertular melalui udara, namun penularan ini juga tidak semudah itu, agar terhindar dari penularan penyakit TBC ini sistem imun atau kekebalan tubuh harus kuat. Seperti pada penderita HIV/AIDS, diabetes dan pasien terapi kanker sangat rentan terkena penyakit ini.
Gejala yang timbul dari penyakit ini adalah batuk lebih dari 3 minggu, nyeri dada, demam berat, panas dingin, keringat dimalam hari dan dahak darah. 

Kabid P2P menambahkan, Pemeriksaan penyakit TBC ini juga dilaksanakan di semua Puskesmas dengan melakukan pemeriksaan dari rumah ke rumah atau ketuk pintu, memberikan penyuluhan langsung, memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan tuberkulosis tersebut.

"Tindak lanjut dari pemeriksaan dengan cara ketuk pintu tersebut yakni pengambilan dahak oleh petugas dan akan dilakukan pemeriksaan di puskesmas jika ditemukan gejala TBC. jika hasil pemeriksaan tersebut positif TBC maka akan langsung ditangani dan diberikan pengobatan. Pengobatan penyakit tersebut yakni selama 6 bulan tanpa biaya/gratis."jelasnya lagi. 

Acara peringatan hari TBC sedunia dan HUT PPNI KSB di isi juga dengan pemberian dorprise, pemberian dorprize ini kerjasama Dikes dengan apotek-apotek yang ada di KSB yang memberikan kontribusi terhadap penanggulangan TBC. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan