logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bidan Desa Gelar Kelas Belajar Untuk Bumil

Bidan Desa Gelar Kelas Belajar Untuk Bumil

KM-RENSING BAT_Pada hari Kamis Tanggal 22 Maret 2018 bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Rensing Bat, Puluhan Ibu hamil mengikuti kelas

Kesehatan

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
26 Maret, 2018 12:41:13
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 2788 Kali

KM-RENSING BAT_Pada hari Kamis Tanggal 22 Maret 2018 bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Rensing Bat, Puluhan Ibu hamil mengikuti kelas Ibu Hamil yang di selenggarakan oleh Bidan Desa yang di bantu oleh Bidan dari Puskesmas Rensing Kecamatan Sakra Barat. Kelas ini akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini (Kamis, 22/3) sampai dengan Sabtu (25/3).

Kelas ibu hamil ini adalah murupakan kelas belajar untuk ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 20 minggu sampai dengan 32 minggu. Di kelas ini ibu hamil akan di ajar dan berdiskusi tentang kesehatan ibu dan anak secara menyeluruh dan sistematis serta dapat dilaksanakan secara teratur dan berkesinambungan.

Tujuan diadakannya kelas ibu hamil menurut Bidan Desa Rensing Bat, Baiq Husnul Khotimah adalah, “Untuk meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, kepercayaan atau mitos dan adat istiadat setempat, penyakit menular dan akte kelahiran.” Jelas bidan.

Sebelumnya, Bidan senior puskesmas Rensing Ibu, Miskiah menjelaskan, “Ibu beserta suami dan anggota keluarga yang lain harus sudah merencanakan persalinan yang aman oleh tenaga kesehatan dengan menentukan tempat untuk bersalin atau melahirkan, menentukan penolong persalinan, menginformasikan riwayat kehamilan, tanda-tanda ibu hamil yang akan bersalin atau melahirkan, dan suami mendampingi selama proses persalinan berlangsung dan mendukung upaya rujukan bila diperlukan,” Jelasnya.

 

Baca Juga :


Bidan Miskiah juga menambahkan, “Keluarga harus dapat menghindari keterlambatan dalam mencari pertolongan medis. Suami atau keluarga harus dapat menghindari 3T (terlambat) yaitu terlambat mengambil keputusan, terlambat ke tempat pelayanan dan terlambat memperoleh pertolongan medis sehingga suami atau keluarga waspada dan bertindak atau mengantisipasi jika melihat tanda bahaya kehamilan. Suami atau kelaurag merencanakan system angkutan dan menyiapkan pendonor darah potensial jika diperlukan serta mendampingi ibu pada saat selesai,”Tambah Istri mantan Kades Pengkelak Mas ini. (a_m)



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan