logoblog

Cari

Tutup Iklan

Posyandu Kegiatan Rutin di Desa Rensing Bat

Posyandu Kegiatan Rutin di Desa Rensing Bat

KM-RENSING BAT-www.rensingbat.desa.id _ Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama

Kesehatan

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
21 Februari, 2018 07:50:18
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 3179 Kali

KM-RENSING BAT-www.rensingbat.desa.id _ Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar atau sosial dasar, untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Secara umum Posyandu merupakan wadah ataupun tempat pemberdayaan masyarakat yang dibentuk oleh Pemerintah desa lewat Musyawarah desa dan dikelola oleh Pengelola Posyandu yaitu Kepala Dusun dan Kader-kadernya, dalam hal ini yang di bantu oleh Bidan Desa dan Petugas dari Puskesmas yang dikukuhkan dengan surat keputusan kepala desa.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan di Desa Rensing Bat adalah kegiatan Posyandu. Kegiatan Posyandu ini diselanggarakan oleh kader posyandu bersama bidan desa yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Rensing Kecamatan Sakra Barat. Seperti yang sering dilaksanakan di masing-masing Dusun di Desa Rensing Bat di pertengahan Bulan. Di giliran pertama posyandu dilaksanakan di Dusun Rensing Bat di Posyandu “Pade Merembun” (Berkumpul) yang bertempat di rumah kepala Dusun pada hari Sabtu pagi Tanggal 17 Februari 2018. Ibu-ibu terlihat antusias mengikuti kegiatan bulanan ini dengan membawa bayi ataupun balita mereka untuk di timbang dan di periksa kesehatan dan pertumbuhannya. Ibu-ibu hamil juga tidak ketinggalan memeriksa kandungan mereka.

Kegiatan Posyandu ini juga dilaksanakan di 2 Dusun lagi yaitu, Dusun Lepok dengan nama  Posyandu “Buak Ate” (Buah hati) yang bertempat di Rumah Kepala Dusun setempat dan Dusun Timuk Rurung yang bertempat di Rumah Kepala Dusun Timuk Rurung dengan nama Posyandu “Paok gading” (Mangga gading) pada hari yang berbeda dengan kegiatan yang sama dan juga di hadiri oleh petugas dari Puskesmas Rensing Kecamatan Sakra Barat.

Kegiatan yang dilakukan di Posyandu dibagi menjadi dua kategori yaitu, Pelayanan untuk balita dan pelayanan untuk ibu-ibu. Untuk balita, Bentuk pelayanannya meliputi penimbangan balita untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan secara rutin di Posyandu dilakukan untuk memantau pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari kegiatan penimbangan yang dicatat dalam KMS (Kartu Menuju Sehat) dapat diketahui status pertumbuhan balita. KMS ini merupakan kartu yang memuat data pertumbuhan, perkembangan, imunisasi, dan informasi penting lainnya, sehingga kita dapat melihat keberhasilan program kesehatan dan pertumbuhan melalui grafik pada kartu KMS. Selain itu juga dilakukan pemberian imunisasi pada balita untuk menjaga kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang anak-anak. Seperti imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis B, dan juga Campak serta Pemberian Vitamin.

Sedangkan untuk ibu-ibu, Pelayanan yang diberikan adalah pemeriksaan dan pemeliharaan kesehatan selama mengandung dan layanan KB serta peningkatan Gizi Ibu Hamil dengan Pemberian Vitamin. Dengan adanya posyandu ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan membantu memonitoring pertumbuhan dan perkembangan balita dan Ibu Hamil.

Salah seorang Kader Posyandu asal Dusun Rensing Bat Nuri Hasriana yang ditemui pemberita mengatakan,  “Dalam Tiap Kegiatan kita mendapatkan Pendampingan dari UPT Puskesmas Rensing kecamatan Sakra Barat dan Bidan Desa Rensing Bat. Untuk Balita yang datang ke posyandu di setiap pelaksanaan Posyandu kurang lebih 40 orang balita dan puluhan Ibu-ibu hamil”. Tutur Nuri.

Ditempat yang sama salah seorang ibu hamil yang ditemui mengatakan, Dia mengaku merasa terbantu dan sangat bersyukur dengan adanya Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan juga Polindes yang ada di Desa, Saya tidak perlu jauh-jauh ke puskesmas untuk melakukan pemeriksaan, tuturnya.

 

Baca Juga :


Sementara Itu, Kepala Desa Rensing Bat, Muhammad Hilmi, SE kembali menekankan pentingnya Kegiatan Posyandu, karena menurut beliau pada dasarnya Posyandu mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Masyarakat bisa sadar arti pentingnya kesehatan. Baik kesehatan diri sendiri, anak, keluarga dan lingkungan masyarakat. Melihat Tentang Pentingnya Peran Para Kader Posyandu, Kepala Desa memberikan Apresiasi dan ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka, karena dengan Jumlah Insentif yang jauh dari kata cukup mereka masih bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, ungkap Kades.

Kades juga menambahkan, “Dengan status Desa Rensing Bat yang sekarang menjadi Desa Siaga tentunya harus tetap di pertahankan dan meleksanakan semua program kesehatan yang sudah di canangkan pemerintah. Salah satu Pencapaian di bidang kesehatan yaitu, dengan di nobatkannya Desa Rensing Bat menjadi Desa terbaik 1 menuju  Lima pilar dalam Program STBM yang di gelar dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2017 lalu perlu juga di pertahankan,” harap kades 2 periode ini.

Selain Posyandu untuk Ibu dan anak, juga ada Posyandu khusus untuk  Lansia yang di gelar setip akhir bulan yang di pusatkan pada satu tempat yakni di masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat dengan petugas khusus dari Puskesmas Rensing yang menangani masalah posyandu Lansia. (a_m)

 



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan