logoblog

Cari

Tutup Iklan

Terasi Obat Gigitan Hewan Rabies

Terasi Obat Gigitan Hewan Rabies

KM Pohgading Timur – Kegunaan terasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menyempurnakan masakan ibu rumah tangga. Terasai merupakan penyedap makanan

Kesehatan

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
04 Desember, 2017 15:43:49
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 8799 Kali

KM Pohgading Timur – Kegunaan terasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menyempurnakan masakan ibu rumah tangga. Terasai merupakan penyedap makanan yang selalu digunakan oleh para ibu-ibu rumah tangga untuk menyempurnakan rasa masakan yang akan disajikan dalam berbagai macam hidangan makanan yang akan disantap bersama oleh keluarganya.

Pada artikel ini yang dibahas adalah manfaat terasi sebagai obat tradisional untuk mencegah berkembangnya virus rabies setelah digigit oleh beberapa hewan yang memiliki virus rabies seperti anjing, kucing, kelelawar, kera, sapi dan kuda. Semua hewan tersebut  bisa menularkan virus rabies yang sangat berbahaya bagi manusia. Virus rabies ini akan terularkan setelah hewan yang memiliki virus rabies melakukan gigitan kepada seseorang.

Pengobatan dan sekaligus pencegahnya berkembangnya virus rabies cukup sederhana bahkan hampir sama pengobatanya dengan penobatan luka biasa, akan tetapi hanya obat yang digunakan yang agak berbeda. Jika ada sanak saudara atau tetangga yang tergigit oleh hewan yang memiliki virus rabies cukup dioleskan pada luka gigitan hewan yang memiliki virus rabies adalah terasi yang dicampur dengan daun beduruk (bahasa Sukamulia) ada juga yang mengatakan daun goll. Terasi dan daun bedurik ditumbuk halus lalu di baluti pada bekas gigitan hewan yang memiliki virus rabies sebelum dioleskan agar hasil lebih bagus terlebih dahulu cuci luka bekas gigitan hewan tersebut insyallah sembuh dan virus rabiesnya akan mati dikarenakan anti virus yang ada pada terasi dan daun bedurik.

Sampai saat ini, sudah sering warga kampung kami tergigit oleh hewan yang memiliki virus rabies seperti amat seorang warga kami yang tergigit oleh anjing akan tetapi sampai saat ini masih sehat karena anat ini tergigit pada usia masih kanak-kanak dan yang digigit pada bagian tulang belakang dan pada waktu itu dokter sangatlah jarang di dusunkami, salah satu pertolongan petama yang dilakukan adalah menggunakan terasi dan daun bedurik karna hanya itu yang diketahui obat paling ampuh untuk mengobati gigitan dari hewan yang memiliki virus rabies. Sekak dulu bukan hanya amat yang pernah berobat menggunakan terasi dan daun bedurik sebagai obat anti virus rabies kami percaya bahwa semua penyakit pasti ada obatnya. Semua warga yang sudah tergigit oleh hewan yang memiliki virus rabies sampai saat ini masih hidup walau penanganan atau pengobatan yang kami lakukan cukup sederhana.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi warga kampung media dan para pembaca yang budiman karena semua penyakit pasti ada obatnya baik menggunakan medis maupun menggunakan cara-cara pengobatan tradisional yang sudah lama kita tidak gunakan.

 

Baca Juga :


By: Badri_asa

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan