logoblog

Cari

Tutup Iklan

Petugas Pustu dan Bidan Dapat Pengarahan Saber Pungli

Petugas Pustu dan Bidan Dapat Pengarahan Saber Pungli

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan, Pemkab Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Kesehatan (Dikes), Jumat (24/2) menggelar

Kesehatan

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
24 Februari, 2017 15:21:13
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 5705 Kali

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan, Pemkab Lombok Barat (Lobar) melalui Dinas Kesehatan (Dikes), Jumat (24/2) menggelar kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Sapu Bersdih Pungutan Liar (Saber Pungli). Sasarannya adalah, petugas Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Bidan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) se Lobar. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Utama kantor bupati di Giri Menang-Gerung.

Peserta yang mayoritas kaum hawa ini mencapai lebih dari 200 orang. Mereka rela datang dari pelosok desa terpencil sekalipun. Namun, ketika Kepala Dikes Lobar, H.Rahman Sahnan Putra melaporkan kegiatan, tampak kesan semangat dan ceria dari seluruh peserta.

Dilaporkan Rahman, penguatan terhadap peningkatan kesehatan terus dilakukan. Hari ini, kata dia, teman-teman di Pustu, Poskesdes dan Puskesmas terus mengawal program masyarakat sadar gizi yang dicanangkan November tahun lalu. Bahkan pihak Dikes, tengah memberikan pelatihan, sehingga nantinya ada kerkuatan prima dalam proses hingga pelaksanaan program tersebut di tingkat desa. Bahkan mantan camat Narmada ini berjanji, akan menugaskan 61 tenaga ahli gizi madya yang akan bergerak di semua desa se Lobar.

Ditambahkan, pihak Dikes, selama lima tahun terkahir, angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (AKI) bisa ditekan sedemikian signifikan. Dicontohkan, dari kasus AKI, dari 18 bisa ditekan menjadi 5 kasus tahun 2016. Demikian pula dengan kasus AKB. Dari 200 kasus, bisa ditekan menjadi 40 kasus. “Ini semua berkat kerja sama dan prestasi srikandi-srikandi kita yang ada di Poskesdes dan Pustu,” papar Rahman yang disambut aplaus meriah seluruh peserta.

Di tempat yang sama, bupati Lobar, H.Fauzan Khalid menegaskan, dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), para petugas kesehatan jangan selalu memikirkan hak, tapi memikirkan kewajiban. Masalah hak kata bupati, yang memiliki kewajiban untuk memikirkannya adalah atasan masing-masing. Sementara itu, yang paling memiliki kewajiban adalah petugas kesehatan. “Hak Anda berada di tangan kadis kesehatan dan saya,” tegasnya.

Lebih lanjut ditegaskan lagi, jika para petugas kesehatan lebih memikirkan kewajiban, kemudian hak-haknya berada di tangan kadiskes dan bupati, maka semuanya akan berjalan dengan baik. “Kita semua  yakin, kewajikan kami atas hak-hak Anda menjadi kewajiban kami,” paparnya.

 

Baca Juga :


Menurut bupati, jika saja cara berfikir ini lebih dominan, maka akan muncul rasa keikhlasan. Secara otomatis, efek dari rasa ikhlas itu, akibat dari terpeuhinya hak-hak para petugas kesehatan tadi. “Kalau saja hak-hak itu tidak terpenuhi, ini keterlaluan. Keterlaluan pak kadikes, keterlaluan pak kabid, dan keterlaluan saya juga. jadinya kami semua yang berdosa,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, bupati meyakini bahwa, tupoksi dari petugas kesehatan ini sangat berat. Di satu sisi, masyarakat meminta pelayanan yang prima, baik dan berkualitas. Ini harapan semua pihak. Namun disisi lain lanjujt bupati, sebagai manusia dan itu memang manusiawi bahwa, terkadang petugas kesehatan tidak siap seratus persen.

Seusai memberikan arahan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan dan sosialisasi Saber Pungli. Dalam sesi ini, kepala Dikes Lobar memberikan isarat, kegiatan ini tertutup bagi wartawan. “kalau ada wartawan, mohon ini hanya untuk konsumsi internal Dikes,” pintanya. Beruntung, kala itu tidak ada wartawan yang hadir. Hanya KM dan tim Humas pemda setempat yang bertugas melakukan peliputan. () -03



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan