logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bubus "Daun Jeruk Obat Flu Bayi"

Bubus

KM. Pohgading Timur – Jeruk merupakan tanaman dari anggota Citrus dari suku jeruk-jerukan. Jeruk memiliki ragam jenis sangatlah banyak dan beberapa

Kesehatan

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
27 Desember, 2016 10:13:58
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 15288 Kali

KM. Pohgading Timur – Jeruk merupakan tanaman dari anggota Citrus dari suku jeruk-jerukan. Jeruk memiliki ragam jenis sangatlah banyak dan beberapa spesies yang memiliki karakter yang khas yang berbeda dari spesies tetuannya. Banyak anggota jeruka yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makan, rempah-rempah atau penyedap rasa, bahkan bisa juga menjadi obat-obatan dan perawat kecantikan. Seiring  perkembangan zaman  globalitas saat ini, cara pengolahanya buah dan daunya bisa diolah secara alami maupun secara mekanis. Buahnya mengandung vitamin C yang sangat tinggi walau rasanya agam masam yang segar bahkan ada juga yang memiliki rasa manis.  Rasa masam ini ditimbuklkan karena jeruk memiliki kandungan asam sitrat yang memang menjadi kandungan pada semua anggota tanaman jeruk ini.

Pada kali ini yang dimanfaatkan sebagai bubus adalah daun jeruk obat flu, pemnafaatan daun dari tanama jeruk yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penurun flu pada bayi, cara pengobatan ini sudah lama sekali dilakukan bahkan sampai saat ini walau sudah banyak obat-obatan flu yang bereda untuk bayi, akan tetapi cara pengobatan tradisional ini masih tetap digunakan sampai saat ini jika bayi mengalami flu yang diakibatkan pertukaran musim dari musim kemarau ke musing hujan saat ini.

Cara pengobatan yang dilakukan sudah turun menurun dan dipercayai oleh masyarakat sukamulia dan sekitarnya yang berada di desa pohgading timur kecamatan pringgabaya kabupaten Lombok timur. walau sudah banyak dokter dan bidan tetap saja masyarkat setempat menggunakan bubus daun jeruk sebagai solusi yang tetap untuk mengatasi penyakit flu yang di derita oleh bayi-bayim mereka yang sakit. Cara pengobatanya mudah dan tidak menyakiti bayi yang sedang sakit, jika bayi mereka dibawa ke dokter atau bidan mereka takut bayi-bayi mereka akan disuntik dan setelah disuntik bayi mereka akan terus menangis kesakitan sampai satu hari bekas mereka disuntik oleh dokter maupun bidan tempat mereka mengobati anaknya. Inilah alas an warga tetap menggunakan pengobatan tradisional dan menggunakan bahan alami yang tidak menyakiti bayi-bayi mereka dan memberikan kesehatan yang begitu cepat pula.

Adapun cara pengobatanya menggunakan bubus ini adalah menenumbuk daun jeruk sampai halus pada malam hari dan diembuni setelah itu besok paginya bubus ditaruh dikepala bayi tepatnya pada ubun-ubun setelah bayi dimandikan pada pagi hari. Bubus ini dibiarkan sampai kering dan akan jatuh dengan sendirinya. Reaksinya sangat cepat karena penggunaan bubus daun jeruk ditaruh pada ubun-ubun bayi yang sakit flu. Mungkin para pembaca bertanya-tanya kenapa obatnya harus ditarup pada ubun-ubun? Penaruhan bubus pada ubun-ubun akan mempercepat penyerapan air bubus daun jeruk cepat masuk kedalam tubuh si bayi yang sedang sakit, sehingga bayi yang sakit akan cepat sembuh dan bisa kembali bermain bersama ibu atau bapaknya walau bayi hanya bisa melemparkan senyumanya saja.

Baca Juga :


Pengobatan dengan menggunakan bubus tidak memiliki efeksamping terhadap bayi yang mengalami flu cuman kesehatan yang akan hilang jika bayi yang sedang flu diobati menggunakan bubus dari daun jeruk ini. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan warga kampung media yang sudah membaca artikel singkat ini. Amin

By: Badri_asa [] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan