logoblog

Cari

Tutup Iklan

NTB Kaya Tanaman Obat

NTB Kaya Tanaman Obat

Bumi Nusa Tenggara Barat ternyata dipenuhi oleh tanaman yang bisa dijadikan obat. Berdasarkan penelitian Ir Khaerul Muslim, 2009 tidak kurang dijumpai

Kesehatan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
23 November, 2015 20:25:28
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 22849 Kali

Bumi Nusa Tenggara Barat ternyata dipenuhi oleh tanaman yang bisa dijadikan obat. Berdasarkan penelitian Ir Khaerul Muslim, 2009 tidak kurang dijumpai 139 jenis tanaman yang bisa dijadikan obat.

“Belum lagi kalau kita berbicara di kabupaten lain. Tanaman-tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat seperti bagian akar, bunga, kulit batang, getah, pucuk daun muda, buah, dan ada  juga yang menggunakan biji,” jelas dosen Pertanian Unram ini di Magtaram belum lama ini.

Hanya saja, kata dia bahwa saat ini tanaman obat itu mulai dilupakan masyarakat karena cenderung ke obat-obat buatan. “Padahal kalau dilihat khasiatnya tidak kalah dengan obat-obat buatan,” kata alumni Jerman ini.

Dengan harga obat yang semakin melambung saat ini, dosen biokimia ini mengatakan masyarakat bisa menjadikan tanaman ini sebagai alternatif. Hanya saja memang perlu ada pengetahuan soal identifikasi dan cara pengolahan. Dia berharap pada pemerintah agar bisa mensosialisasikan pemanfaatan tanaman ini kepada masyarakat.

 

Baca Juga :


“Minimal untuk pertolongan pertama. Jangan masyarakat direcoki terus dengan obat-obat buatan. Kalau ada alternatif yang murah kenapa tidak? Tandasnya.

Kenapa ini penting, karena menurut Khaerul Muslim pendapatan masyarakat sudah tidak mampu lagi mengejar kebutuhan hidup yang semakin besar. Karena itu masyarakat harus diberi alternatif untuk memanage keuangan rumahtangga. “Kalau ada yang bisa dihemat kenapa tidak. Karena itu dia menyarankan, agar pemerintah daerah khususnya terus mendorong penelitian, identifikasi dan pemanfaatkan tanaman obat ini,” tambahnya. (wardi) - 05



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan