logoblog

Cari

Sosialisasi PHBS Desa Duman

Sosialisasi PHBS Desa Duman

Perilaku hidup bersih dan sehat yang disingkat PHBS merupakan tujuan dari pada program kegiatan dinas kesehatan yang dilakukan ditiap-tiap Desa yang

Kesehatan

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
26 Februari, 2015 14:09:19
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 67187 Kali

Perilaku hidup bersih dan sehat yang disingkat PHBS merupakan tujuan dari pada program kegiatan dinas kesehatan yang dilakukan ditiap-tiap Desa yang ada di Kecamatan Lingsar dan mulai di Desa Duman yang diselenggarakan pada hari selasa 24/02 pada pukul 08.00 sampai selesai bertempat di aula Kantor Desa Duman.
Dalam acara tersebut di hadiri oleh seluruh Kader Posyandu, PKK, dan Staf Desa Duman, acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Desa Duman H. Mahyudin, dalam sambutannya Mengatakan, Kegiatan penyuluhan PHBS ini baru pertama kali diadakan di Duman oleh karena itu perlu adanya sosialisai yang intens antara Penyuluh dengan masyarakat agar tercapai tujuan dari Kegiatan tersebut.
H.Mahyudin menamnbahkan, prilaku hidup sehat yang ada di masyarakat sudah mulai berjalan walaupun sebagian, adapun  yang belum menerapkan itu karena  keterbatasa informasi dan masyarakat khususnya warga Duman kebanyakan sudah meninggalkan pola hidup jaman dahulu yang menjadikan Sungai sebagai sumber kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan BAB(buang air besar).
Dari Dinas Kesehatan Lombok barat diwakili oleh Ibu Yuli yang diminta untuk memberikan penyuluhan kepada para kader yang akan bertugas dilapangan untuk mendata warga yang sudah atau belum menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dalam penyampaiannya Ibu yang berdinas di Puskesmas Lingsar menjelaskan, tujuan dari program PHBS ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada warga akan dampak dari pada Prilaku hidup Bersih dan sehat diantaranya, warga akan terhindar dari penyakit yang disebabkab oleh virus atau bakteri yang ada disekitarnya.
Dalam kesempatan itu juga ibu  yang sapaan akrabnya  Yul menambahkan, disamping itu PHBS ini merupakan salah satu kereteria penilaian yang di masukkan oleh panitia dalam lomba Desa tahun ini, seandainya PHBS ini dijalankan oleh seluruh  warga maka akan menjadi catatan khusus bagi dewan juri dalam menentukan penilaian disamping kereteria yang lain, untuk itu para kader diminta untuk langsung terjun ke masyarakat untuk mendata sekaligus memberikan informasi yang jelas tentang manfaat dari PHBS tersebut.
Namun kegiatan PHBS yang berlangsung di Aula Kantor Desa seharusnya dihadiri oleh perwakilan dari tokoh warga misalnya Ketua RT dan Kepala Dusu namun tidak terlihat malahan minim peserta, padahal akan sangat efektif sekiranya warga masyarakat di hadirkan dalam penyuluhan tersebut agar informasi dapat berjalan dengan cepat di tengah-tengah masyarakat, maksudnya warga akan bertutur dengan tetangga yang lain alis dari mulut ke mulut dan itu merupakan budaya yang sudah mendarah daging di tengah masyarakat.
Acara yang berjalan kurang lebih 3 jam tidak dipergunakan secara maksimal oleh para kader dan PKK untuk bertanya mengenai informasi yang Update tentang PHBS tersebut akan tetapi para kader dan PKK pasif disaat belangsungnya kegiatan, diakhir acara tersebut para masing kader dan PKK di berikan amplop oleh panitia acara yaitu  setaf Desa. [] - 01
 

 

Baca Juga :




 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan