logoblog

Cari

Tutup Iklan

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Menjaga Kesehatan Lingkungan

KM Sambang Kampung- Musim hujan seperti sekarang ini perlu adanya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai macam penyakit. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu

Kesehatan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
22 Februari, 2015 08:20:11
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 36271 Kali

KM Sambang Kampung- Musim hujan seperti sekarang ini perlu adanya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai macam penyakit. Kebersihan lingkungan merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi penyebaran bibit penyakit. Berbagai macam jenis sampah buangan menjadi salah satu factor penyebab penyebaran penyakit dan sebagai sarang nyamuk atau tempat jentik nyamuk berkembang biak. Kesadaran masyarakat untuk melakukan 3 M yaitu menutup, mengubur dan menguras sangat dibutuhkan untuk mencegah DBD (Demam Berdarah Dengue).

Kasus DBD yang terjadi dibeberapa desa di Kecamatan Labuhan Haji mendapat perhatian yang sangat serius dari Dinas Kesehatan Lombok Timur. Para petugas kesehatan di Puskesmas Korlekopun diterjunkan langsung ke desa-desa untuk memberikan penyuluhan kesehatan lingkungan. Disetiap Posyandu dan melalui pertemuan-pertemuan kesehatan lainnya selalu di sampaikan penatalaksanaan kasus Demam Berdarah Dengue.

Menurut Zuhrotul Aini, Amd.KL. penatalaksanaan kasus DBD sangat penting diketahui oleh masyarakat agar segera melakukan tindakan yang tepat ketika ada kasus DBD. Penatalaksaan kasus DBD yang diperkenankan untuk berobat jalan bila penderita hanya mengeluh panas, tetapi keinginan makan dan minum masih baik. Untuk mengatasi panas tinggi yang mendadak diperkenankan memberikan obat panas paracetamol 10-15 mg/kg BB setiap 3-4 jam diulang jika simpton panas masih nyata diatas 38,5°C. namun jika penderita DBD ini menunjukkan manifestasi penyulit hipertermi dan konvulsi sebaiknya kasus ini dianjurkan dirawat inap.

Dalam berbagai kesempatan petugas Puskesmas Korleko terus memberikan dorongan dan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan lingkungannya. Saat ini masih banyak masyarakat yang tempat tinggalnya menyatu dengan kandang ternak yang mengakibatkan berbagaimacam gangguan kesehatan seperti penyakit kulit, asma, DBD dan penyakit lainnya.

 

Baca Juga :


Penyemprotan bukan satu-satunya cara untuk memberantas nyamuk, bahkan jika terlalu sering melakukan penyemprotan maka akan berdampak juga terhadap kesehatan masyarakat. Upaya yang paling bijak yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah dengan kesadaran menjaga dan merawat lingkungan memanfaatkan halaman dan pekarangan untuk menanam tanaman yang dapat dikonsumsi. Jika lingkungan bersih maka penyakitpun dapat dihindari. Semoga upaya dari Puskesmas Korleko melakukan penyuluhan kesehatan ini dapat mendapat respon dari masyarakat untuk mewujudkan  masyarakat yang sehat. (uyik) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan