logoblog

Cari

Dua Warga Desa Tirtanadi Positif DBD

Dua Warga Desa Tirtanadi Positif DBD

KM Sambang Kampung- Menyambang Kampung kali ini adalah Desa Tirtanadikecamatan Labuhan Haji yang merupakan desa pemekaran dari Desa Korleko. Desa Tirtanadi

Kesehatan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
05 Februari, 2015 20:35:13
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 47057 Kali

KM Sambang Kampung- Menyambang Kampung kali ini adalah Desa Tirtanadi kecamatan Labuhan Haji yang merupakan desa pemekaran dari Desa Korleko. Desa Tirtanadi terdiri dari Dusun Tirpas 1, dusun Tirpas 2, dan Dusun Dasan Tereng, Desa Tirtanadi  berbatasan dengan Desa Korleko di sebelah Utara, Desa Anggaraksa Kecamatan Pringgabaya sebelah timur Sebelah Barat Desa Mamben Lauk Kecamatan Wanasaba dan sebelah Selatan Desa Teko kecamatan Pringgabaya.

Posisinya diantara tiga kecamatan yaitu Kecamatan Labuhan Haji, Kecamatan Pringgabaya dan Kecamatan Wanasaba membuat desa ini cukup jauh dari ibu kota Kecamatan yang berada di Labuhan Haji. Perkebunan kelapa dan persawahan mengelilingi desa ini, dan desa Tirtanadi memiliki potensi sumber mata air yang sangat banyak sehingga tanah disini sangat subur.

Melimpahnya sumberdaya alam di desa ini tidak diimbangi dengan perilaku hidup sehat oleh warganya, masih banyak masyarakat yang membuang air besar disungai, bahkan disembarang tempat. Kandang hewan  peliharaanpun masih menjadi satu dengan tempat tinggal sehingga kesan kumuh dan tata ruang yang tidak teratur membuat masyarakat sering mengalami ganguan kesehatan apalagi pada musim hujan saat ini.

Menurut laporan dari masyarakat ada beberapa orang yang terkena serangan Demam Berdarah (DBD) sehingga pihak Dinas Kesehatan Lombok Timur langsung menuju Desa Tirtasari untuk memastikan laporan tersebut. Pihak Dinas Kesehatan Lombok Timur melalui bidang P2PL atau Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan yang dipimpin langsung oleh Bapak Sinawan M.Kes. didampingi oleh petugas kesehatan dai Puskesmas Korleko langsung menuju lokasi dan mendata masyarakat yang terkenana DBD ini. Dari hasil pengecekan ini terdapat dua orang yang positif terkena DBD yaitu Sauki Sahid (18) dan Yasmin (2) dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Soejono Selong dan Klinik Namira.

Setelah mengadakan pengecekan lokasi ternyata masyarakat bahkan dikalangan Pondok pesantren masih banyak yang belum memahami arti pentingnya kesehatan lingkungan dan pencegahan terhadap berbagai penyakit seperti masih banyaknya kandang ternak yang menyatu dengan rumah, banyaknya ban bekas yang digunakan untuk menyangga tanaman, tempurung kelapa yang berserakan, tempat air minum unggas dan burung dan membuang sampah disembarang tempat sehingga jentik nyamuk berkembangbiak.

 

Baca Juga :


Melihat kondisi seperti itu maka pihak Dinas Kesehatan Lombok Timur mengadakan pertemuan khusus dengan Kepala Desa Tirtanadi untuk membahas dan mengambil tindakan yang cepat dan tepat untuk mengatasi dan mengantisipasi penyebaran naymuk Demam berdarah ini. Langkah yang akan diambil adalah melakukan pencegahan dengan 3 M yaitu mengubur, menutup dan menguras serta mengadakan Pogging atau penyemprotan yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu (7/2).

Kejadian Luarbiasa Demam Berdarah di desa Tirtanadi ini menjadi bahan evaluasi bagi masyarakat sehingga perilaku hidup sehat dapat dilaksanakan dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan dapat di hentikan mengingat lokasi desa Tirtanadi sangat lembab dimusim hujan seperti ini membuat perkembangbiakan nyamuk semakin besar. Semoga ini menjadi pelajaran yang berharga bagi masyarakat Desa Tirtanadi. [] - 05



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan