logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tim Gabungan Tertibkan Obat Keras

Tim Gabungan Tertibkan Obat Keras

KM Nggusuwaru - Tim Gabungan penertiban yang terdiri dari Balai POM Propinsi NTB, Polres Bima Kota, dan Satuan Polisi Pamong Praja

Kesehatan

KM Nggusu Waru
Oleh KM Nggusu Waru
14 Desember, 2014 14:23:20
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 5200 Kali

KM Nggusuwaru - Tim Gabungan penertiban yang terdiri dari Balai POM Propinsi NTB, Polres Bima Kota, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Bima, menertibkan peredaran obat keras seperti tramadol dan obat keras lainnya yang tak berijin di sejumlah apotik dan rumah warga.

Sekitar 72  dus tramadol ditemukan di dua Rumah warga berinisial K, warga Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota, dan 6 strep tramadol ditemukan dirumah berinisial S, warga Kelurahan Sarae Kecamatan Rasana Barat. Penertiban itu dilakukan Jumat 12 Desember 2014 sekitar pukul 10.00 WITA.

“Barang barang ini telah disita,” Kata Ketua Tim Gabungan Kepala Bidang pemeriksaan dan penyidikan BP POM Mataram, Nm I Gan Suaraningsih di salah satu apotik yang sedang diincarnya, Jumat (12/12) sore.

Ibu berkacamata ini  mengaku juga telah memeriksa salah satu apotik di jalan Soekarno Hatta Kelurahan Pane Kecamatan Kecamatan Rasnae Barat. Dan menyita 20 dus obat keras dari berbagai jenis yang sudah siap diedarkan salah satunya obat Tramadol. Akan tetapi barangnya tidak disita, karena obat tersebut sudah memeiliki izin peredaran, akan tetapi dipisahkan sementara dari obat lainnya karena izin apotik belum diperbaharui.

“Disini kami menemukan 20 dus obat keras siap edar, tetapi apotiknya belum mengantungi izin edar,” ungkapnya ditemani Kepolisian dan Sat Pol PP Kota Bima.

Saraningsih mengaku, bahwa obat tramadol memang berbahaya bagi generasi muda. Pasalnya obat ini bisa disalahgunakan dengan sedemikian rupa . Tramadol beda dengan obat keras lainnya, sebab obat ini kalau dikonsumsi diluar resep dokter akan berbahaya. Ia juga mengaku lima petugas BP Pom berada di Bima selama dua hari, sejak hari ini dalam rangka penertiban gabungan obat keras tanpa izin. “Peredaran obat Tramadol wajib ditertibakan,” tandasnya

 

Baca Juga :


Setelah memisahkan 20 dus obat yang belum bisa diedarkan oleh pemilik apotik, lima petugas BP Pom Mataram dan tim gabungan kemudian menuju sejumlah lokasi yang sudah dikantungi informasinya mengedarkan obat keras tanpa resep dokter.

Kepala Sat Pol PP Kota Bima, Hj Misbah mengatakan penertiban ini dilakukan guna mengehentikan peredaran obat keras tanpa izin atau resep dokter. Terkait informasi yang diperoleh pihaknya,  banyak apoteker yang menjual bebas tanpa izin resp dokter.

Akan tetapi pada proses penertiban oleh tim gabungan, awalnya telah mendekati tokoh masyarakat dan Ketua RT setempat untuk diberikan penejelasan agar bisa sama sama memberantas tindakan jual bebas obat keras tanpa resep dokter. Termasuk ikut bersama dalam proses penertiban. “Tim Gabungan ini sudah turun ke lokasi sejak pagi sampai sore ini,” kata Misbah. (AL) - 05



 
KM Nggusu Waru

KM Nggusu Waru

KM Nggusuwaru: Komunitas Kampung Media Kota Bima. Alamat: Jalan Poros, Kelurahan Tanjung - Kota Bima. Koordinator: Yudha Tudiansyah. email : yudhadiansyah@yahoo.com, Kontak Person: 082 339 810 123 - 081 735 7641

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan