logoblog

Cari

Penyuluhan K3 di Desa Serewe

Penyuluhan K3 di Desa Serewe

KM Sambang Kampung- Salah satu kewajiban sebagai petugas kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Jerowaru saya (Zuhrotul Aini, Amd.KL) harus mengunjungi daerah-daerah

Kesehatan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
20 Mei, 2014 03:21:55
Kesehatan
Komentar: 0
Dibaca: 42451 Kali

KM Sambang Kampung- Salah satu kewajiban sebagai petugas kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Jerowaru saya (Zuhrotul Aini, Amd.KL) harus mengunjungi daerah-daerah yang sangat jauh dan pelosok di Kabupaten Lombok Timur. Sebuah Desa yang bernama Desa Serewe Kecamatan Jerowaru yang berlokasi dipinggir pantai dengan mata pencaharian masyarakatnya adalah nelayan, perlu mendapatkan penyuluhan tentang K3 (Keamanan dan Kesehatan Kerja). Terlebih lagi lokasi mereka berada di bentangan Samudra Indonesia dengan laut lepasnya yang sangat membahayakan.

Jauhnya perjalanan menuju Desa Serewe tidak menyurutkan semangat saya untuk mengabdi pada masyarakat, lelah dan capek akan terhapus dengan indahnya pantai serta ramahnya penduduk. Setelah beristirahat sekitar 5 menit acara penyuluhanpun dimulai. Kepala Puskesmas Jerowaru Ahmad Ropii sebagai pembicara pertama mengingatkan kepada seluruh nelayan yang ada di Desa Serewe untuk menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan standar prosedur sebagai seorang penyelam. Saat ini masyarakat yang pekerjaannya sebagai penyelam hanya menggunakan alat seadanya sehingga sering sekali mengalami kecelakaan saat melakukan aktivitasnya.

Setelah Kepala Puskesmas Jerowaru menyampaikan materinya kini giliran saya untuk menjelaskan lebih detail tentang K3 yaitu Keamanan dan Kesehatan Kerja. Masyarakat nelayan harus mengetahui K3 (Keamanan dan Kesehatan Kerja) untuk menghindari hal-hal yang mengancam setiap saat. Keaman Kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan, mesin, pesawat, alat kerja, dan proses pengolahannya, landasan tempat kerjadan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan. Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi kesehatan yang bertujuan agar masyarakat pekerja memperoleh derajad kesehatan setinggi-tingginya, baik jasmani, rohani, maupun social dengan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja maupun penyakit umum.

Setelah menyampaikan materi selama 20 menit dengan memberikan penjelasan tentang perlengkapan, yang harus dilengkapi untuk menjalankan aktivitas sebagai seorang nelayan dan penyelam misalnya baju menyelam, alat pengaman kepala, kaca mata, sarung tangan dan sepatu selam maka di akhir acara masyarakat nelayan ini membuat kelompok K3 dengan nama kelompok  Bintang Laut dengan ketua Nurmanus, Sekertaris  Rahmatullah, dan Bendahara Alam Sumandi.

 

Baca Juga :


Kegiatan penyuluhanpun berakhir sekitar jam 11.00 Wita saya dan rombongan kembali ke Puskesmas Jerowaru, perjalanan yang sangat melelahkan namun memberikan sebuah insfirasi betapa kuatnya mereka yang tinggal di daerah yang sangat terpencil namun mempunyai semangat yang tinggi untuk terus menjalani kehidupan dengan baik. (Eni) - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan